ANALISIS PENGARUH CITRA PRODUK, HARGA JUAL DAN DESAIN KEMASAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN VCO DI APOTEK MATAHARI
ANALISIS PENGARUH CITRA PRODUK, HARGA JUAL DAN DESAIN KEMASAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN VCO DI APOTEK MATAHARI
DOI:
https://doi.org/10.51771/fj.v2i1.206Keywords:
Citra Produk, Harga Jual Produk, Desain Kemasan, keputusan pembelianAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh citra produk, harga jual produk dan desain kemasan produk terhadap keputusan pembelian obat herbal VCO. Jenis penelitian yang dilakukan adalah berupa studi kasus dengan menggunakan data primer. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien Apotek Matahari yang jumlahnya tak terbatas dengan jumlah sampel sebanyak 69 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling. Data diperoleh dari hasil wawancara dan pembagian kuesioner. Analisis data menggunakan regresi berganda. Berdasarkan hasil analisis, pengujian secara parsial dengan menggunakan uji t menunjukkan bahwa variabel citra produk dan desain kemasan produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Obat Herbal VCO sedangkan untuk harga jual produk tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Obat Herbal VCO. Pengujian secara simultan dengan menggunakan uji F menunjukkan bahwa variabel citra produk, harga jual produk serta desain kemasan produk secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Obat Herbal VCO.
References
Aaker, A. David., 1996, Building Strong Brands, New York : The Free Press
Aaker, A. David., 1997, Manajemen Ekuitas Merek, Jakarta: Mitra Utama
Assauri, Sofjan, 2007. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Rajawali Pers.
Basu, Swastha. 1997. Manajemen pemasaran Modern, Edisi ke -2. Yogyakarta: Liberty.
Basu Swastha dan Ibnu Sukotjo.(2007). Pengantar Bisnis Modern. Yogyakarta: Liberty Yogyakarta.
Buchari, Alma. (2018). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: CV.Alfabeta.
Charles W. Lamb, Joseph F. Hair, Carl Mcdaniel. 2013. Pemasaran. Edisi Kedua.Jakarta :Salemba Empat.
Graham, Cateora. (2007). Pemasaran Internasional Edisi 13. Jakarta: Salemba Empat.
Ghozali, Imam.2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang : BP Universitas Diponogoro
Gitosudarmo , Indriyo. 1999. Manajemen Pemasaran. Jakarta: BPFE.
Goenadhi, Lydia. 2011. “Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza di Kota Banjarmasin”. Jurnal Manajemen dan Akutansi, Vol. 12, No.2.
Kotler, Philip Dan Kevin Lane Keller. 2016. Manajemen Pemasaran. Edisi 15 Jilid Satu. Jakarta : Pearson
P. Angipora, Marius. 1999. Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Saladin, Djaslim, 1996, Unsur-unsur Inti Pemasaran dan Manajemen Pemasaran, Ringkasan Praktis Teori dan Disertai Tanya Jawab. Bandung :CV Mandar Maju.
Santoso, Singgih. 2014. Statistik Multivariate Konsep dan Aplikasidengan SPSS. Jakarta : PT Elex Media
Sekaran, Uma.2006. Metodologi Penelitian. Jakarta: Salemba.
Simamora, Bilson, 2008. Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel. Jakarta :PT. Gramedia Pustaka Utama.
Siregar, Syofian. 2013. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT. Fajar.
Stanton, William J. 1996. Prinsip Pemasaran. Edisi ke-7. Diterjemahkan Oleh : Yohanes Lamarto. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Sugiyono.2003. Metode Penelitian Bisnis. Cetakan Kesembilan. Bandung :CV. Alfabeta.
Sugiyono.(2004). Metode Penelitian Bisnis. Cetakan keenam. Bandung : CV Alvabeta.
Sugiyono.(2008) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Edisi Keempat. Bandung: CV Alfabeta.
Sutisna., 2003, Perilaku Konsumen & Komunikasi Pemasaran, Cetakan Ketiga, Bandung: PT Remaja Posdakarya.
Wirya, Iwan. 1999. Kemasan yang Menjual. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.
Yazid. 1999. Pemasaran Jasa, Konsep dan Implementasi. Edisi 1, Cetakan pertama. Yogyakarta :Ekonosia Fakultas Ekonomi UII.