ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK OBAT GENERIK BERLOGO (OGB) DI PT. PHAPROS TBK MEDAN WILAYAH KERJA MEDAN TIMUR

Authors

  • Ovalina Sylvia Br. Ginting Universitas Haji Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Athaillah Athaillah Universitas Haji Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Robiatun Rambe Universitas Haji Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Fahra Nisa Universitas Haji Sumatera Utara, Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51771/fj.v1i1.39

Keywords:

keputusan pembelian, kualitas produk, obat generik berlogo

Abstract

Obat merupakan semua zat baik kimiawi, hewani, maupun nabati yang dalam dosis layak dapat menyembuhkan, meringankan atau mencegah penyakit berikut gejalanya. Untuk memaksimalkan penggunaan obat generik, sangat diperlukan peningkatan pemahaman dan kepercayaan masyarakat bahwa obat generik berlogo (OGB) memiliki kualitas, keamanan dan efektifitas yang sama dengan obat bermerek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kualitas Produk Obat Generik Berlogo (OGB)  PT. Phapros Tbk Medan di Wilayah Medan Timur dan untuk mengetahui Keputusan Pembelian Produk Obat Generik Berlogo (OGB)  PT. Phapros Tbk Medan di Wilayah Medan Timur. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan crossectional.Penelitian ini telah dilaksanakan pada 01 Agustus 2020 sampai dengan 31 Agustus 2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh apotik yang menjual produk obat peten/bermerek ddan generik yag dikeluarkan oleh PT Phapros Tbk Cabang Medan sebanyak 1546 apotik. Jumlah sampel dalam penelitian yaitu 3 apotik yang berada di Wilayah Kerja Medan Timur. Hasil Penelitian didapat bahwa Terdapat 4 (empat) jenis Obat Generik Berlogo (OGB) yang dijual PT. Phapros Tbk Medan di Wilayah Kerja Medan Timur yaitu Na Diklofenak 50 mg 5x10’S, Omeprazole Sodium 40 mg, Ketorolac Inj 30 mg dan Sodium Valproate Syr 250 mg, Keputusan Pembelian pada Obat Generik Berlogo (OGB) yang dikeluarkan oleh PT. Phapros lebih banyak dibeli dibandingkan perusahaan X, Perusahaam Y dan Perusahaan Z dan Pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Obat Generik Berlogo (OGB) PT. Phapros di Wilayah Kerja Medan Timur didasarkan pada dosis dan komposisi obat yang lebih baik. Pertimbangan lainnya adalah harga, lama kadaluarsa dan Kemasan dan wadah tempat obat. Saran dalam penelitian ini diharapkan dengan adanya penelitian ini PT. Phapros terus menjaga kualitas agar tetap mendapat tempat di masyarakat.

References

Abidin, F.S. 2014, Analisis Pengaruh Kualitas Layanan, Nilai Nasabah, Citra Perusahaan dan Atribut Produk Perbankan Syariah Terhadap Keputusan Nasabah (Studi kasus Pada BPD DIY Yogyakarta). Skripsi. UIN Sunan Kalijaga.

Agustin dan Ratih, 2015. Profil Disolusi Tablet Sustained Release Natrium Diklofenak dengan Menggunakan Matriks Metolose 90 SH 4000. Jurnal Sains Farmasi dan Klinis.Volume 1 Nomor 2.

Aisyah, R.A. 2017. Pengaruh Citra Merek dan Keluarga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Suzuki di Universitas Muhammadiyah Surabaya. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surabaya. Surabaya.

Alaydrus, Syafika. 2017. Profil Penggunaan Obat pada pasien Hipertensi di Puskesmas Marawola Periode Januari - Maret 2017. Jurnal Mandala Pharmacon Indonesia, Volume 3 Nomor 2. E-ISSN : 2598-9979.

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Awantary, D.M. 2014. Pengaruh Pencantuman Label Halal terhadap Keputusan Pembelian Kopi “Luwak White Koffie” pada Mahasiswa Fakultas Syari’ah dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Walisongo Semarang. Skripsi. IAIN Walisongo Semarang. Semarang.

Citra dan Santoso, 2016. Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Cetakan Continous Form Melalui Kepercayaan Merek. Jurnal Studi Manajemen dan Organisasi.

Fideliawati, V. Evaluasi Penggunaan Asam Valproate pada Pasien epilepsi Pediatrik di Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta. Skripsi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Kotler, Philip, dan Gary Armstrong 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Erlangga : Jakarta.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education,Inc.

Lailiyah, F. 2013. HubunganAntara Persepsi Gizi dengan Keputusan Pembelian pada Produk Susu Formula. Skripsi. IAIN Sunan Ampel Surabaya. Surabaya.

Matagiwa, Parabil. 2010. Analisis Proses Pengambilan Keputusan Pembelian dan Faktor yang Mempengaruhi Preferensi Konsumen terhadap Obat Paten/Bermerek pada Apotik Wahana-Bekasi. Skripsi. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Nawari, 2017. Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian. EkoNiKa. Vol 2. Nomor 2.

Notoatmodjo, S. 2014. Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sigit, Ribkah dan Soemardji, 2012. Efektifitas Preventif Omepraszole terhadap Efek Samping Tukak Lambung Antiinflamasi Non Steroid (Asetasol) pada Tikus Galur Wistar Betina. Acta Pharmaceutica Indonesia. Vol. XXXVII, Nomor 2.

Downloads

Published

2022-03-08