Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Tingkat Perkembangan Bahasa dan Perkembangan Personal Sosial Balita di Puskesmas Hilizalootano Kecamatan Mazino
DOI:
https://doi.org/10.51771/jdn.v2i1.189Keywords:
orang tua, balita, perkembangan bahasa, perkembangan personal sosial, pola asuhAbstract
Pola asuh adalah tindakan yang dilakukan orang tua dalam mendukung balita untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui apakah ada hubungan pola asuh orang tua dengan tingkat perkembangan bahasa dan perkembangan personal sosial balita. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. Populasi penelitian 90 balita dengan sampel 36 balita. Analisa data menggunakan uji Chi Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas pola asuh orang tua yang diberikan pada balita adalah pola asuh otoriter (52,8%). Kesimpulan bahwa pola asuh orang tua dengan tingkat perkembangan bahasa balita memiliki nilai yang signifikan p value = 0,000 dan pola asuh orang tua dengan tingkat perkembangan personal sosial balita memiliki nilai yang signifikan p value = 0,021, yang artinya kedua variabel tersebut memiliki hubungan yang erat terhadap pola asuh orang tua yang telah di berikan kepada balita.
References
Alifiani, H., Nurhayati, N., & Ningsih, Y. 2019. Analisis Penggunaan Gadget Terhadap Pola Komunikasi Keluarga.
Cahyaning Rosidah. 2019. Hubungan Pola Asuh Orangtua Dengann Perkembangan Berbicara Anak Usia 4-5 Tahun Di Paud AI-Chusna Tengguru Rejotangan.
Dalia Novitasari. 2019. Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Personal Sosial Pada Anak Usia Prasekolah Di TK Tunas Kawanua Winangun Kota Manado.
Debitiya. 2019. Pengaruh Lingkungann Terhadap Perkembangan Bahasa Anak.
Desi Ayuningtyas. 2019. Orientasi Pola Pengasuhan Anak Usia Dini Pada Keluarga Militer Di Asrama Kodam Kelurahan Jatingaleh Candisari Semarang.
Dinas Provinsi Sumatera Utara. 2019. Profil Kesehatan Sulawesi Selatan 2019. Medan
Hurlock B. Elizabeth. Perkembangan Anak. Jilid 2. Jakarta: Penerbit Erlangga; 2019.
Kementerian Kesehatan RI. 2019. Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi Dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak Ditingkat Pelayanankesehatan Dasar Standar. Jakarta.
Lisye, A.M., Ari, D.W., Kurniawan, E.W., 2019. Hubungan Pola Asuh Dengan Tingkat Perkembangann Personal Sosial Anak Usia Prasekolah.
Notoatmodjo. 2019. Metodologi Penelitiann Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Prasetyawati. 2019. Masalah Perkembangan Anak Usia Prasekolah.
Soetjiningsih. 2019. Tumbuh Kembang Anak; Editor, IG.N Gde Ranuh.- Jakarta : EGC
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Cetakan Ke-20. Bandung:Alfabeta
Upton Penney. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga; 2019.
Wahyu Ana Setiani. 2019. Hubungan Pola Asuh Orangtua Dengan Perkembangan Personal Sosial Di TK ABA Godegan Bantul.
Wirjatmadi B. 2019. Gizi Dan Kesehatan Balita. Cetakan pertama. Kencana Prenada Media Group: Jakarta.
Wurandiati E. 2019. Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Motorik Dan Bahasa Anak Prasekolah Di PAUD.
Yessy Nur Endah Sary. 2019. Relationship of Parenting with Child Interpersonal Intelligence in Wonokerto Village, Lumajang Regency.
Yenny Safitri. 2019. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perkembangan Bahasa Balita Di UPTD Kesehatan Baserah.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 JIDAN (JURNAL ILMIAH KEBIDANAN)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.