Hubungan Keterampilan Bidan dalam Meningkatkan Partisipasi Ibu Mengikuti Kelas Ibu Hamil di Puskesmas Saitnihuta

Authors

  • Debora Debora STIKes Kesehatan Baru

DOI:

https://doi.org/10.51771/jdn.v1i1.46

Keywords:

Keterampilan, Bidan, Kelas ibu hamil

Abstract

Kelas ibu hamil merupakan sarana untuk belajar bersama tentang kesehatan bagi ibu hamil, dalam bentuk tatap muka dalam kelompok yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan ibu-ibu mengenai kehamilan, persalinan, nifas, KB pasca persalinan, pencegahan komplikasi, perawatan bayi baru lahir dan aktifitas fisik/senam ibu hamil.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Hubungan Keterampilan Bidan Tentang Bina Suasana dalam Meningkatkan Partisipasi Ibu Mengikuti Kelas Ibu Hamil.

Jenis penelitian ini adalah Deskriptif Analitik dan menggunakan metode cross sectional. Populasi sebanyak 126 responden dan pengambilan sampel dengan menggunakan Aksidental Sampling dan Purposive Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 40 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, kemudian diolah dengan uji chi-square dengan tingkat kepercayaan 95 % (α = 0,05).

Penelitian ini menunjukkan ada hubungan Keterampilan Bidan (df=4, diperoleh x2 Hitung (27,240) > x2 Tabel (9,49)), Predisposing Factor (Pengetahuan Bidan) (df=4, diperoleh x2 Hitung (16,364) > x2 Tabel (9,49)), Reinforcing Factor (Sikap Bidan) (df=4, diperoleh x2 Hitung (25,378) > x2 Tabel (9,49)), tidak ada hubungan Enabling Factor (Media) (df=4, diperoleh x2 Hitung (2,162) < x2 Tabel (9,49)).

Kepada Tenaga Kesehatan (Bidan) untuk lebih banyak mengikuti pelatihan tentang kelas ibu hamil supaya ibu hamil lebih tertarik untuk mengikutinya demi Kesehatan Ibu dan Anak. Kepada ibu hamil agar selalu mengikuti kelas ibu hamil bukan hanya tuntutan tetapi sebagai kewajiban.

References

Azwar. 2014. Sikap Manusia;Teori dan Pengukuran. Jakarta. Pustaka Pelajar.

Bambang. 2017. Upaya Pembangunan Transformasi Kesehatan. Yogyakarta.

Dinas Kesehatan Kabupaten Humbang Hasundutan. 2017. Profil Kesehatan Humbang Hasudutan. Humbang Hasundutan

Dirjen Gizi dan KIA. 2014. Pedoman Kelas Ibu Hamil. Jakarta. Kementrian Kesehatan Indonesia

Fuada dkk. 2014. Pelaksanaan Kelas Ibu Hamil di Indonesia. Jakarta

Jannah. 2016. Mutu Pelayanan dan Kompetensi Bidan. Jakarta. Pustaka Baru

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. 2018. Profil Kesehatan Republik Indonesia. Jakarta

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. 2017.Promosi Kesehatan di Daerah Bermasalah Kesehatan : Panduan Bagi Petugas Kesehatan di Puskesmas. Jakarta (Di akses 24 April 2019)

Lestari dkk. 2018. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Keikutsertaan Ibu Hamil dalam Mengikuti Kelas Ibu Hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Kampar Kiri Tengah Kabupaten Kampar. Volume 6, Nomor 2. November 2018

Notoatmodjo. 2012. Promosi dan Perilaku Kesehatan. Jakarta. PT Rineka CiptaNotoatmodjo. 2017.Metode Penelitian Kebidanan Tehnik Analisis Data. Jakarta: Salemba Medika

Purwoastuti, dkk. 2015. Mutu Pelayanan Kesehatan dan Kebidanan. Yogyakarta : Pustaka Baru

Siregar, Nova. 2014. Panduan Pembimbingan dan Penulisan Karya Tulis Ilmiah . Doloksanggul: Akademi Kebidanan Kesehatan Baru.

Subandi, 2017. Indikator Kesehatan SDGs di Indonesia. Jakarta

Umar, Fahmi. 2014. Kesehatan Masyarakat, Teori dan Aplikasi. Rajawali Pers, Jakarta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2019 Tentang Kebidanan. Jakarta

Yuliantika. 2016. Faktor yang Berhubungan dengan Partisipasi Ibu Hamil Resiko Tinggi dalam Program Kelas Ibu Hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Sukolilo 2. Skripsi. Semarang

Downloads

Published

2022-08-22