Inovasi Pembelajaran Terintegrasi Pembelajaran Konstruktivisme dengan Media Digital di LKP SAS English Laboratory

Authors

  • Sujoko Waluyo Universitas Haji Sumatera Utara
  • Alfitriana Purba Universitas Muslim Nusantara Al-Wasliyah
  • Asnarni Lubis Universitas Muslim Nusantara Al-Wasliyah
  • Nazriani Lubis Universitas Muslim Nusantara Al-Wasliyah

DOI:

https://doi.org/10.51771/jukeshum.v4i2.1087

Keywords:

: Pembelajaran Aktif, Model Konstruktivisme, Media Sosial, Sikap, Pemahaman

Abstract

Mitra sebagai Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Bahasa Inggris yang fokus kepada pengembangan siswa dalam memperoleh Bahasa Inggris, namun ternyata mitra belum mampu mengembangkan secara maksimal, LKP SAS English Laboratory masih melaksanakan pembelajaran berbentuk task based, hal ini sangat disayangkan pada era teknologi saat ini, sehingga pengabdian ini memiliki tujuan pendampingan peningkatan pembelajaran konstruktivisme dengan media youtube dan menganalisis factor kesulitan mitra dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Metode yang digunakan dengan melakukan sosialisasi dengan mitra tentang pembelajaran aktif dan menyenangkan, pendekatan denagn cooperative group, pendampingan yang dilakukan dengan Langkah konstruktivisme sesuai dengan hasil penelitian dan dilakukan dengan evaluasi melalui angket skala Likert serta digunakan Teknik Analisa data dengan menggunakan n-gain ternormalisasi dan paired sample t-test melalui SPSS IBM 22 for windows. Temuan yang diperoleh dalam pengabadian ini adalah meningkatkan sikap mitra untuk pengembangan diri dan kesiapan dalam proses pembelajaran dengan perolehan nilai N-Gain ternormalisasi sebesar 0,60 dengan kategori sedang, bahkan mitra dapat meningkatkan sikap berupa minat, keterampilan, tanggung jawab, rasa ingin tahu dan kesantunan dalam proses pendampingan dan peningkatan pemahaman tutor tentang model pembelajaran konstruktivisme dengan intergrasi media digital, ditunjukkan dengan hasil uji uji statistic sig (2-tailed) sebesar 0,001 (dengan syarat uji sig < 0,05). Dengan demikian, dapat disarankan mitra dapat menerapkan setiap pembelajaran inovatif dan mampu mengembangkan bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan siswa, sehingga mitra mampu bersaing hingga masa depan dengan menghasilkan pembelajaran menarik akan mampu menghasilkan capaian tercapai.

References

D. D. T., Putri, R. D. P., Suyadi, V. V. S., & Kalijaga, S. Implementation Of Thematic Learning In Elementary Schools Reviewed From Constructivism During Pandemic COVID-19.

Handayani, D. (2020). Pemanfaatan media youtube pada saat pandemi covid 19 untuk media pembelajaran bahasa inggris dalam meningkatkan vocabulary dan pemahaman siswa. Jupendik: Jurnal Pendidikan, 4(2), 12-18.

Lubis, A., Lubis, N., & Marif, A. (2021). Pelatihan Penggunaan Media Sosial (Instagram Dan Tik Tok) Sebagai Solusi Media Pembelajaran Era New Normal Untuk Guru Mts Swasta Lab IKIP Al Washliyah Kota Medan. Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 97-105.

Lubis, A., Lubis, N., & Harahap, R. H. Pembelajaran Kontekstual dengan Kolaborasi Multimedia. Jakad Media Publishing.

Lubis, A., & Lubis, N. (2020). Pembelajaran dan penilaian: lengkap dengan sintaks pembelajaran, indikator dan aplikasi kisi-kisi soal. Jakad Media Publishing.

Purba, A., Rambe, A. M., & Lubis, A. (2022, April). Sosialisasi Pembelajaran Konstruktivisme Berintegrasi Media Youtube Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengajar Bagi Guru MTs Swasta LAB IKIP AL Washliyah. In prosiding seminar nasional hasil pengabdian (Vol. 5, No. 1, pp. 489-494).

Purba, A., & Lubis, A. (2021, August). Kolaborasi konsrtuktivisme dengan direct reading activity thinking pada proses pembelajaran masa pandemi. In prosiding seminar nasional hasil penelitian (Vol. 4, No. 1, pp. 431-438)

Purba, A., Al Kautsar Saragih, M. P. I., & Lubis, A. Proses Pembelajaran Aktif Melalui Media Audiovisual dan Sintaks Pembelajaran. Jakad Media Publishing

Raharjo, S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Dengan Berbantu Media Youtube. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series (Vol. 3, No. 4, pp. 1121-1125).

Sundawan, M. D. (2016). Perbedaan model pembelajaran konstruktivisme dan model pembelajaran langsung. LOGIKA Jurnal Ilmiah Lemlit Unswagati Cirebon, 16(1).

Setiyaningsih, S., & Subrata, H. (2023). Penerapan Problem Based Learning Terpadu Paradigma Konstruktivisme Vygotsky Pada Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(2).

Wahyuningsih, S. P., Budiman, M. A., & Sari, V. P. (2022). Analisis Manfaat Penggunaan Youtube sebagai Media Pembelajaran Online Bahasa Inggris Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa. Praniti: Jurnal Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 2(1), 1-7.

Downloads

Published

2024-07-31