Pendampingan UMKM Dalam Memaksimalkan Tata Kelola Usaha dan Manajemen Pemasaran

Authors

  • Anggreany Hustia universitas muhammadiyah palembang
  • Faisal Bimantara Universitas Muhammadiyah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.51771/jukeshum.v4i1.663

Keywords:

UMKM, Tata Kelola Usaha, Manajemen Pemasaran

Abstract

Pendampingan UMKM dalam memaksimalkan tata kelola dan manajemen pemasaran ini merupakan kegiatan pengabdian yang dilakukan dalam program magang UMKM Merdeka Batch I Sumatera Selatan kolaborasi antara LLDIKTI Wilayah II, dosen dan mahasiswa. Dalam kegiatan ini kami mendampingi salah satu UMKM yang bergerak di bidang kuliner yang bertempat di Palembang yaitu “DAPOER FELISHA”. Berdasarkan riset yang dilakukan, kondisi eksisting UMKM terbilang masih baru dirintis sehingga membutuhkan dukungan yang lebih dari berbagai pihak. Kondisi Eksisting UMKM diidentifikasi melalui  basis KPI (Key Performance Indicator) yaitu indikator tata kelola usaha dan Indikator manajemen pemasaran. Tata kelola usaha UMKM ini dilihat dari beberapa sisi salah satunya SOP dalam persiapan produk yang dipasarkan dan legalitas yang dapat mendukung kemajuan  usaha UMKM ini. Manajemen pemasaran berkaitan erat dengan proses pemasaran produk UMKM tersebut. Berdasarkan Ilustrasi tersebut hal ini dilakukan karena untuk mendukung Pelaku Usaha dalam mengembangkan bisnisnya dengan baik di masa yang akan datang. Hasil dari pengabdian ini diharapkan UMKM tumbuh menjadi lebih baik, semakin berkembang, dan dapat bersaing dengan pasar yang lebih luas.

References

Anggraeni, R. (2021). Pentingnya Legalitas Usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Eksaminasi : Jurnal Hukum, 1(1), 77–83.

Bahri, S. Y., Masbullah, M., Yuniarti, R., & Wijaya, S. A. (2022). Peningkatan Edukasi Kewirausahaan Bagi Pelaku UKM di Desa Rarang Kecamatan Terara Kabupaten Lombok Timur. JUKESHUM: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1). https://doi.org/10.51771/jukeshum.v2i1.199

Hustia, A., Afrilliana, N., Adawiyah, D., & ... (2021). Pentingnya Kreativitas, Inovasi Dan Pemasaran Hasil Panen Nanas Di Desa Tanjung Lalang Ogan Ilir Sumatera Selatan. Jurnal …, 4(3).

Kumala, F. N., Hudha, M. N., & Aji, S. D. (2019). Pelatihan Pemasaran Produk Olahan Telo Ungu Di Desa Wonosari Kecamatan Wonosari Gunung Kawi Kabupaten Malang. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1). https://doi.org/10.24198/kumawula.v2i1.23533

Rachmawati, A., Ardiansyah, D. C., Noviani, S. A., Azizah, N., Khoirotunnisa, F., & Wikartika, I. (2022). Pemberdayaan Dan Pemasaran Wisata Kuliner Melalui Bazar Takjil & Umkm Di Sentra Wisata Kuliner Pondok Maritim Kelurahan Balas Klumprik Kecamatan Wiyung Kota Surabaya. KARYA:Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 92–96.

Respati, A. R. (2023, January). Menteri Teten: Tahun 2023 Jadi Momentum UMKM Kuasai Pasar Domestik . Kompas.Com.

Sumarto, H. S. (2009). Inovasi, Partisipasi, dan Good Governance. Yayasan Obor Indonesia.

Umarudin, M., Jalaludin, J., & Arditta, T. W. (2022). Pendampingan dan Pengembangan Manajemen Pemasaran Produk UMKM Tanaman Hias Melalui Teknologi Digital di Masa Pandemi Covid-19. Adindamas Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat , 2(2), 153–166.

Wijaya, R. S., Rahmaita, R., Murniati, M., Nini, N., & Mariyanti, E. (2023). Digitalisasi Akuntansi Bagi Pelaku UMKM Di Lubuk Minturun. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dharma Andalas, 2(1).

Yuniar Bahri, S., & Hartati, W. (2023). Membangun Kiprah Wanita Wirausaha dalam Mewujudkan Ekonomi Mandiri Era Digital Di kabupaten Lombok Timur. Jukeshum: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1). https://doi.org/10.51771/jukeshum.v3i1.422

Downloads

Published

2024-02-11