Pelatihan Teknik Pemasaran Online di IKM T.A Rezeki Kelurahan Simpang Selayang Kecamatan Medan Tuntungan Kota Medan
DOI:
https://doi.org/10.51771/jukeshum.v4i2.690Keywords:
Pelatihan, Teknik Pemasaran, OnlineAbstract
Kegiatan pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan tentang Teknik pemanfaatan media online sebagai sarana pemasaran hasil produksi di IKM T,A Rezeki Kelurahan Simpang Selayang Kecamatan Medan Tuntungan Kota Medan dengan harapan dapat memperluas area pemasaran yang akan memberikan imbas terhadap peningkatan omset. Adapun masalah yang dimiliki oleh mitra adalah kurangnya kemampuan serta pengelolaan manajemen usaha mitra masih terbatas, terutama dalam memperkenalkan produk unggulannya ke khalayak sasaran pasar mereka yang lebih luas lagi melalui kegiatan promosi yang tepat sasaran baik secara offline maupun online Kegiatan ini menggunakan metode pendekatan kontektual yaitu memberikan materi teori terlebih dahulu dan dilanjutkan dengan workshop langsung mengunggah produk-produk yang dihasilkan oleh IKM T.A Rezeki yang merupakan pelaku usaha. Lalu dilanjutkan dengan metode pengarahan teknik pemasaran online dan pendampingan usaha. Metode ini langsung dipraktikkan oleh instruktur dengan mitra agar mitra dapat langsung memahami aplikasi-aplikasi marketplace dan pendampingan dalam pengembangan pengetahuan dan kemampuan untuk mengakses marketplace secara online, serta memfasilitasi kegiatan promosi melalui media online (e-commerce dan social media). Hasil pelatihan menunjukkan bahwa peserta pengabdian sangat tertarik mengikuti pelatihan- pelatihan semacam ini karena sangat merasa terbantu dalam memanfaatkan media online sebagai sarana pemasaran hasil produksi yang sudah berkembang pesat dewasa ini. Adanya optimalisasi kinerja melalui peningkatan daya kreativitas dan inovasi SDM, yaitu melalui pemahaman konsep startegi pemasaran, terutama melalui kemampuan pemasaran online, sehingga mitra mampu memperkenalkan produk usaha lebih luas lagi dan menciptakan sebuah destination branding melalui media online.
References
Dessler, G. (2017). Human Resources Management. In Pearson (15th ed.).
Etro, F. (2021). Product Selection in Online Marketplaces. Journal of Economics and Management Strategy, 30(3), 614–637. https://doi.org/10.1111/jems.12428
Hakim, L. (2019). Pelatihan Pemasaran Online Berbasis Marketplace Bagi UMKM dalam Merespon Perubahan Perilaku Konsumen. Loyalitas, 2(1), 74–91. https://ejournal.iaida.ac.id/index.php/loyal/article/view/353
Jati, W., & Yuliansyah, H. (2017). Pengaruh Strategis Pemasaran Online (Online Marketing Strategy) Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Pada Toko Online Shop Azzam Store). Jurnal Pemasaran Kompetitif, 1(1), 127–138.
Khoernnikmah, I., & Widarko, A. (2018). Pengaruh Pemasaran Online terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus pada Konsumen Toko Sinar Muda Busa). E-Jurnal Riset Manajemen Prodi Manajemen, 7(1), 132–147.
Kotler, P., Wong, V., Saunders, J., & Armstrong, G. (2005). Principles of Marketing. In Pearson (Vol. 38, Issue 151).
Lantu, D. C., Triady, M. S., Utami, A. F., & Ghazali, A. (2016). Pengembangan Model Peningkatan Daya Saing UMKM di Indonesia: Validasi Kuantitatif Model. Jurnal Manajemen Teknologi, 15(1), 77–93. https://doi.org/10.12695/jmt.2016.15.1.6
Mahliza, I., Husein, A., & Gunawan, T. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Online. Al-Sharf: Jurnal Ekonomi Islam, 1(3), 250–264. https://doi.org/10.56114/al-sharf.v1i3.98
Mondy, R. W., & Martocchio, J. J. (2016). Human Resource Management, Global Edition. In Pearson Education Limited. http://80.82.78.13/get.php?md5=1e50ce6ce17857b2fc907fce76c60f57&key=D0JLX65VTU0MIMFO&mirr=1
Tahara Shita, R., Li Hin, L., Diana, A., Achadiani, D., & Fatmasari. (2022). Pelatihan Optimasi Pemasaran Online Dengan Memanfaatkan Search Engine Optimization (Seo) Pada Komunitas Pengusaha Muda. Aptekmas, 5(1), 16–23. http://dx.doi.org/10.36257/apts.vxixpp16-23
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ratih Paramitha, Oksya Hikmawan, Emil Salim P Siregar, Hariyanto, Andreas Rumata Simanjuntak; Alpan Hutabarat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak Cipta dan Lisensi
Penulis yang mempublikasikan naskahnya melalui Jukeshum: Jurnal Pengabdian Masyarakat menyetujui beberapa hal berikut:
- Hak Cipta atas naskah-naskah karya ilmiah di dalam Jurnal ini dipegang oleh Penulis.
- Penulis menyerahkan hak saat pertama kali mempublikasi Naskah karya ilmiahnya dan secara bersamaan Penulis memberikan izin/lisensi dengan mengacu pada Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License kepada pihak lain untuk menyebarkan karya ilmiahnya tersebut dengan tetap mencantumkan penghargaan bagi penulis dan Jukeshum: Jurnal Pengabdian Masyarakat sebagai media Publikasi pertama atas karya tersebut.
- Hal-hal yang berkaitan dengan non-eksklusivitas pendistribusian Jurnal yang menerbitkan karya ilmiah penulis dapat diperjanjikan secara terpisah (contoh: permintaan untuk menempatkan karya yang dimaksud pada perpustakaan suatu institusi atau menerbitkannya sebagai buku) dengan Penulis sebagai salah satu pihak perjanjian dan dengan penghargaan pada Jukeshum: Jurnal Pengabdian Masyarakat sebagai media publikasi pertama atas karya dimaksud.
- Penulis dapat dan diharapkan untuk mengumumkan karyanya secara online (misalnya pada Repositori atau pada laman Organisai/Institusinya) sejak sebelum dan selama proses pengumpulan naskah, sebab upaya tersebut dapat meningkatkan pertukaran citasi lebih awal dan dengan cakupan yang lebih luas.