Digitalisasi Umkm dan Peningkatan Literasi Keuangan Pada UMKM

Authors

  • Imelda Dian Rahmawati Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Sumarno Sumarno Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Dewi Komala Sari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.51771/jukeshum.v4i1.720

Keywords:

Digitalisasi, UMKM, Peningkatan Literasi, Financial Literacy

Abstract

Tujuan kegiatan ini adalah untuk membantu mitra mampu mengelola manajemen usaha lebih baik dan mampu meningkatkan kemampuan Mitra UMKM dalam hal digitalisasi bidang akuntansi dan marketing atas produk-produk yang dihasilkan  yang berpotensi berkembang lebih besar sehingga berdampak pada kesejahteraan Mitra dan masyarakat sekitarnya. Peningkatan manejemen usaha ini meliputi aspek keuangan, marketing dan peningkatan finacial literacy yang memadai. Hasil menunjukkan bahwa Respon peserta terhadap acara pelatihan Digitalisasi dan Peningkatan Literasi Keuangan UMKM dapat sangat baik. UMKM merasa perlu menguasai teknologi untuk mendukung usahanya lebih berkembang. Peserta yang awalnya belum mempunyai literasi keuangan yang memadai dan penggunaan teknologi digital yang sangat membantu usahanya menjadi lebih mudah dan bisa dikenal seluruh masyakat dunia sangat antusias, dan menjadikan pemahaman tentang digitalisasi dan literasi keuangan semakin baik.. Tantangan selanjutnya adalah UMKM harus selalu update terhadap perkembangan teknologi dan mampu mengimplementasikannya dengan baik setelah mengikuti pelatihan. Karena perkembangan dan penggunaan tekhnologi kedepan adalah suatu keniscayaan, bukan yang besar mengalahkan yang kecil tapi mereka yang cepat akan mengalahkan yang lambat.

References

Anisyah, E. N., Pinem, D., & Hidayati, S. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan Dan Financial Technology Terhadap Perilaku Keuangan Pelaku UMKM Di Kecamatan Sekupang. Management And Business Review, 5(2), 310–324. Https://Doi.Org/10.21067/Mbr.V5i2.6083

Arianto, B. (2020). Pengembangan UMKM Digital Di Masa Pandemi Covid-19. 6(2), 233–247.

Bappenas. (2014). Laporan Analisis Daya Saing UMKM Di Indonesia. Bappenas, 65.

Barlow, M. M. A. (2015). “Use And Measurement Of Social Media For Smes.” Journal Of Small Business And Enterprise Development, 22(2). Http://Dx.Doi.Org/10.1108/JSBED-08-2012-0096

Dermawan. (2019). Pengaruh Literasi, Inklusi Dan Pengelolaan Keuangan Terhadap Kinerja Dan Keberlanjutan Umkm (Studi Pada Pelaku Usaha Mikro.

Https://Ojk.Go.Id/Id/. (2022). Https://Ojk.Go.Id/Id/. Https://Ojk.Go.Id/Id/Berita-Dan-Kegiatan/Siaran-Pers/Documents/Pages/Survei-Nasional-Literasi-Dan-Inklusi-Keuangan-Tahun-2022

Rifa’i, A. (2010). PERAN UMKM DALAM PEMBANGUNAN DAERAH: Fakta Di Provinsi Lampung. J. Ilm. Adm. Publik Dan Pembang, Vol. 1, No, 133–143.

Sanistasya, P. A., Raharjo, K., & Iqbal, M. (2019). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Inklusi Keuangan Terhadap Kinerja Usaha Kecil Di Kalimantan Timur. Jurnal Economia, 15(1), 48–59. Https://Doi.Org/10.21831/Economia.V15i1.23192

Sarfiah, S., Atmaja, H., & Verawati, D. (2019). UMKM Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa. Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan), 4(2), 1–189. Https://Doi.Org/10.31002/Rep.V4i2.1952

Septiani, R. N., & Wuryani, E. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Inklusi Keuangan Terhadap Kinerja Umkm Di Sidoarjo. E-Jurnal Manajemen Universitas, 9(8). Https://Doi.Org/10.24843/Ejmunud.2020.V09.I08.P16

Tayibnapis, A. Z. (2020). KEBANGKITAN UMKM DI INDONESIA. 1–22. Https://Www.Dosenpendidikan.Co.Id/Manajemen-Pendidikan/

Downloads

Published

2024-02-10