PERAN E-WOM (ELECTRONIC WORD OF MOUTH) PADA SOSIAL MEDIA TIKTOK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN GENERASI Z

Authors

  • Eka Lestari Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Auliya Herfina Uin Syarif Hidayatullah jakarta
  • Maliihah Uin Syarif Hidayatullah jakarta
  • Neiska Aluna Chandara Uin Syarif Hidayatullah jakarta

DOI:

https://doi.org/10.51771/jumper.v3i2.1380

Keywords:

E-WOM (Electronic Word of Mouth); Tiktok; keputusan pembelian; Generasi Z; pemasaran

Abstract

Sosial media Tiktok menjadi salah satu platform sosial media yang populer bagi Generasi Z untuk sarana hiburan serta mendapatkan informasi melalui konten-konten yang menarik dan kreatif. Dengan adanya konten tersebut, banyak pelaku bisnis yang menggunakannya sebagai tempat untuk memasarkan produk atau layanan mereka, sehingga muncullah teknik pemasaran E-WOM (Electronic Word of Mouth). E-WOM dapat berupa konten ataupun komentar yang berisi review dari pembeli sebelumnya, dimana review tersebut dapat dijadikan sebagai referensi bagi para calon pembeli. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis teknik pemasaran E-WOM pada sosial media Tiktok terhadap keputusan pembelian Generasi Z. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi literatur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa E-WOM berpengaruh dan berperan penting terhadap keputusan pembelian Generasi Z, baik dalam bentuk konten di Tiktok maupun komentar dari pembeli sebelumnya. Selain itu, penelitian ini juga menunjukkan bahwa semakin banyak E-WOM yang positif, semakin banyak pula kemungkinan Generasi Z untuk membeli produk tersebut.

Downloads

Published

2025-02-09