ANALISIS IMPLEMENTASI SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9001:2015 TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DENGAN KUALITAS LAYANAN
DOI:
https://doi.org/10.51771/jumper.v1i2.441Keywords:
Sistem Manajemen Mutu, Kualitas Layanan, Kepuasan PelangganAbstract
Pada kajian kali ini hanya berfokus pada analisis penerapan sistem manajemen mutu “SMM”. Selain pengenalan sistem manajemen mutu "SMM", kualitas layanan hingga kepuasan para pelanggan. Pada saat pengumpulan data, peneliti membagikan beberapa kuesioner kepada pegawai PT Taspen (Cirebon). Teknikapenelitianauntuk menganalisis Sistem Manajemen Mutu
yang digunakan dalam penelitian kali ini yaitu dengan mengunakan analisis regresi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara kepuasan pelanggan dengan kualitas layanan dan penggunaan sistem manajemen kualitas, serta hubungan yang signifikan antara kualitas layanan dan penggunaan sistem manajemen kualitas. Pengenalan Sistem Manajemen Mutu "SMM" tidak terlaluaberpengaruh terhadap kepuasan para pelanggan. Hal tersebut dibuktikan memalui hasil survei adengan penyebaran beberapa kuesioner pada pegawai PT Taspen (Cirebon). Kepuasan pelanggan harus dikomunikasikan oleh kualitas layanan. Sehingga mendapatkan hasil yang memiliki beberapa implikasi administratif.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Dan Pemasaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.