Analisis Swot Untuk Strategi Pemasaran Pisang Keju Dan Pisang Goreng Tanduk Isola Kota Bandung
DOI:
https://doi.org/10.51771/jumper.v2i1.572Abstract
Sektor pariwisata berkontribusi dalam pengembanganan dan pembangunan perekonomian dunia, begitupula dengan peran UMKM. Pisang Keju dan Pisang Goreng Tanduk Isola merupakan salah satu UMKM bidang kuliner yang memerlukan strategi pemasaran yang tepat agar dapat bertahan, berkembang dan bersaing dengan usaha lainnya. Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan alternatif strategi pemasaran bagi Pisang Keju dan Pisang Goreng Tanduk Isola dan mengetahui posisi bisnis saat ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan observasi. Metode ini dilakukan dengan dua tahap yaitu input stage dengan matriks IFE dan EFE, dilanjut dengn matching stage yaitu matriks IE dan matriks SWOT. Hasil penelitian ditemukan bahwa total skor IFE 3,5 dan total skor EFE 3,75, kemudian posisi Pisang Keju dan Pisang Goreng Tanduk Isola saat ini berada pada kuadran 1 pada matriks IE dan pada matriks SWOT ditemukan strategi pemasaran yang dapat diterapkan yaitu mengembangkan varian topping dan produk baru, membuka cabang baru, meningkatkan kualitas, memperluas toko, memperluas pemasaran, membuat kebijakan SOP secara tertulis, menggali kreativitas SDM dalam bekerja, membuat standar produk yang tepat dan visible, memperkuat modal, membuat program untuk mempertahankan dan meningkatkan loyalitas pelanggan, dan membuat stategi pemasaran yang efektif.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen dan Pemasaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.