Pengaruh Kesulitan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa di MTS. Al-Waslhiyah 48 Kebun Lada Binjai

Authors

  • Feby Mutia STAI Syekh H. Abdul Halim Hasan Al-Ishlahiyah Binjai
  • Muhammad Solihin Pranoto STAI Syekh H. Abdul Halim Hasan Al-Ishlahiyah Binjai

Keywords:

Kesulitan Belajar, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menyebabkan siswa sulit dalam belajar. Kerangka pemikiran penelitian ini adalah pembelajaran seharusnya siswa bisa konsentasi dan menjalani pembelajaran dengan baik. Untuk mencapai hasil belajar yang maksimal siswa tidak boleh mengalami kesulitan dalam belajar. Setelah mengetahui faktor-faktor kesulitan tersebut maka akan dapat diambil rumusan penyelesainnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Data yang berupa hasil belajar dikumpulkan, sedangkan data yang berupa respons siswa terhadap pembelajaran menggunakan lembar observasi dan kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan siswa di MTS. Al-Washliyah 48 Kebun Lada Binjai mengalami kesulitan belajar, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yaitu faktor kurangnya motivasi dari guru, kurangnya minat mengikuti pelajaran karena kurangnya penggunaan alat peraga. Sedangkan faktor eksternal yaitu guru masih bingung menjalankan kurikulum yang berjalan, kurangnya buku-buku bacaan pendukung.

References

Dinatha Ngurah Mahendra dan Laksana Dek Ngurah Laba. (2017). KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPA TERPADU. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara. Vol. 2, No. 2. Hlm. 214-223.

Abin S.M., 2002. Diagnostik Kesulitan Belajar. Jurnal Pendidikan. https://ebekunt.wordpress.com

Jamaris, Martini. (2014). Kesulitan Belajar: Perspektif, Asesmen, Dan Penanggulangannya Bagi Anak Usia Dini Dan Usia Sekolah. Bogor: Ghalia Indonesia.

Suprijono, Agus. (2012). Coopertive Learning Teori & Aplikasi Paikem. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Sudjana, Nana. (2012). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nani. (2019). “Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia”, Jurnal Of Educational Review And Resech, Vol. 02 No.01, 4.

Nurhasanah, Satriyadi. 2022. Kesulitan Belajar dan Faktor Penyenbab Pada Siswa SMP SABILAL AKHYAR KWALA GUMIT. Jurnal Generasi Tarbiyah : Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 1, Hlm. 83-91.

Sulistyowati, Hany. (2019). “Faktor-faktor yang Mmepengaruhi Kesulitan Belajar”, Jurnal Pendidikan,6.

Syah, M. (2005). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya

Hermayawati. (2010). “Analisis Kesulitan Belajar Bahasa Inggris Mahasiswa”. Jurnal Sosio Humaniora, Vol. 1 No.1, 8.

Downloads

Published

2024-02-26