Pengaruh Model Pembelajaran Savi Dan Nilai Karakter Siswa Terhadap Hasil Belajar Kelas VII SMA N 5 Kejuruan Muda
Keywords:
Model Pembelajaran SAVI, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 5 Kejuruan Muda, waktu penelitian dilakukan dari Februari 2022 sampai Maret 2022. Metode penelitian adalah eksperimen semu. Teknik analisis data yang digunakan adalah ANOVA. Hasil penelitian ini adalah: 1) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas VII SMP N 5 Kejuruan Muda yang diberi perlakuan model SAVI menggunakan video dan model SAVI menggunakan power point. Diperoleh dari Fh = 7,55 dan Ft = 4,09, dan kesimpulannya adalah Fh > Ft. 2) Hasil penelitian Fh = 22,07 dan Ft = 4,09 dengan kesimpulan Fh > Ft. sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat interaksi antara model SAVI dengan nilai karakter siswa kelas VII SMP N 5 Kejuruan Muda. 3) Pada penelitian ini dilanjutkan uji Tukey, dimana diperoleh kesimpulan: terdapat perbedaan yang signifikan karena Q hitung > Q tabel. Didapatkan Q tabel = 2 :20 = 2,95 dan Qh = 3,76. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang memiliki nilai karakter tinggi yang diajarkan dengan model SAVI dan media video lebih baik daripada siswa yang memiliki nilai karakter tinggi yang diajarkan dengan model SAVI dan media power point. 4) Pada penelitian ini dilanjutkan dengan uji Tukey, dimana diperoleh kesimpulan: terdapat aperbedaan yang signifikan karena Q tabel = 2 : 20 = 2,95. Kesimpulannya, ada a
References
Adi, Logistya Royyan. 2017. Efektivitas Model Pembelajaran Somatic Auditory Visualization Intellectually (SAVI) Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Online, p-ISSN: 2355 – 1739. e-ISSN: 2407 – 6295.
Juwita, Intan. 2020. Analisis Penerapan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Matematika di SMP Negeri 1 Simpangkatis Kelas VIII dan MA Muhammadiyah Gantung Kelas X MIA. Journal of Instructional Mathematics DOI: 10.37640/jim.v1i2.374. E-ISSN 2722-2179.
Kurnianingsih, Qanitah. 2020. Penerapan Pendekatan Pembelajaran SAVI terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi IPS di Kelas V SD. Jurnal PGSD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Kurniawan, Nanda Alfan. 2020. Paradigma Pendidikan Inklusi Era Society
0. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar. E-ISSN 2549-5801. Prosiding Seminar Nasional dan Diskusi/Pendidikan Dasar Tahun 2020.
Lestari, Nia Fuji. 2020. Efektivitas Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectualy) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar dan Mengembangkan Keterampilan 4C Di Sekolah Dasar. JPdK Volume 2 No1 Tahun 2020 Halaman 86-91. JURNAL PENDIDIKAN dan KONSELING. Research & Learning in Primary Education.
Masnun. 2018. Penanaman Nilai-Nilai Karakter melalui Mata Pelajaran PKn (Pendidikan Kewarganegaraan) pada Siswa Kelas VII SMP
Negeri 8 PujutKabuapten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018. JISIP, Vol. 2 No. 1. ISSN 2598-9944.
Purwanto, M. Ngalim. 2017. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Karya.
Rahmi, dkk. 2019. Pengaruh Model Savi (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectual) Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Berdasarkan Pembelajaran Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Internasional Sains dan Penelitian. ISSN : 2319-7064. Vol. 8, No.1.
Setiawan Denny.2015. Ilmu Kewarganegaraan. Medan. PT Larispa Grafika. Setiawan Denny.2016. Pendidikan Kewarganegaraan. Medan. PT
Pertambangan
Slameto. 2010. Belajar & Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Suherman, Erman dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sutrisno.2017. Implementasi Pendidikan Anti korupsi pada Mata Pelajaran PPKn Berbasis Project citizen di SMA.Jurnal Civics.Vol.14.no.2.Jurnal Civics.Vol.14.no.2 (https://journal.uny.ac.id/index.php/civics/, Diakses31Desember 2019)
Suzianto, Suryadi Damanik. 2019. Penerapa Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli Siswa Kelas VIII-2 SMP Negeri 27 Medan T.P.2018/2019. Jurnal Ilmu Keolahragaan Vol. 18 (1), Januari – Juni 2019: 14 – 24.
p-ISSN: 1693-1475, e-ISSN: 2549-9777.
Wardani, Fitrian Prila. 2017. Penerapan Model Pembelajaran SAVI untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal PANCAR Vol.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 FARIDA SURI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.