Hubungan Kualitas Pelayanan Asuhan Keperawatan dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Ruang Interna RSUD Kota Kotamobagu

Authors

  • Darmin Darmin Institut Kesehatan dan Teknologi Graha Medika

DOI:

https://doi.org/10.51771/mj.v1i2.88

Keywords:

Kualitas pelayanan, Asuhan keperawatan, Kepuasan pasien

Abstract

Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan untuk mencapai kepuasan pasien ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terutama pada pasien rawat inap yaitu pelayanan administrasi rumah sakit, pelayanan dokter,sarana medis dan obat-obatan, kondisi fasilitas rumah sakit,dan pelayanan keperawatan. Penelitian ini bertujuan untuk hubungan kualitas pelayanan asuhan keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien di Ruang Interna RSUD Kota Kotamobagu. Penelitian ini menggunakan metode Cross Sectional, dengan sampel 39 keluarga pasien, pengambilan sampel menggunakan rumus purposiv sampling. Analisa yang digunakan ialah univariat dan bivariat dengan menggunakan uji Chi Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan kualitas pelayanan asuhan keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien di Ruang Interna RSUD Kota Kotamobagu dengan hasil p Value = 0,000. Berdasarkan hasil penelitan ini disimpulkan bahwa terdapat hubungan kualitas pelayanan asuhan keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien di Ruang Interna RSUD Kota Kotamobagu. Penelitian ini menyarankan agar Perlu ditingkatkan kualitas pelayanan kususnya dalam memberikan asuhan keperawatan kepada pasien agar tingkat kepuasan pasien rawat inap dapat meningkat dengan sendirinya.

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bahtiar. (2013). Hubungan Kualitas Pelayanan Keperawatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rsud Pangkajene Dan Kepulauan .Skripsi. Makassar : UIN Alauddin.

Bata, Y, W, Alwy, Darmawansyah (2013). Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Pengguna Askes Sosial pada Pelayanan Rawat Inap di RSUD Lakipadada Kabupaten Tana Toraja [Skripsi]. Makassar: Universitas Hasanuddin.

Budianto, Agus dan Gwendolyn Ingrid Utama. (2010). Aspek Jasa Pelayanan Kesehatan dalam Perspektif Perlindungan Konsumen. Bandung: Karya Putra Darwati.

Efendi, F. (2015). Keperawatan Kesehatan Komunitas Teori dan Praktek Dalam Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Gultom, J. R. (2013). Analisis Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Rawat Jalan di Poliklinik Rumah Sakit Azra Tahun 2008. [Skripsi Ilmiah]. Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia.

Isti. (2009). Dokumentasi Keperawatan “DAR”: Panduan, Konsep, Dan Aplikasi. Cetakan kedua. Jogjakarta. Mitra Cendikia.

Kaseger, H., Akbar, H., Amir, H., Astuti, W., & Rahayu Ningsih, S. (2021). Analisis Faktor Kualitas Pelayanan yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien dalam Pelayanan Rawat Jalan di Wilayah Kerja Puskesmas X. Jurnal.Uimedan.Ac.Id, 3(1), 23–33. https://jurnal.uimedan.ac.id/index.php/JURNALFARMASI/article/view/538

Kotler, Phillip. (2009). Manajemen Pemasaran, Edisi 13. Jakarta: Erlangga.

Kurniati. (2013). Kepuasan Pasien Rawat Inap Terhadap Pelayanan Perawat di RSU Tugurejo Semarang. Tesis.Semarang: UNDIP.

Notoatmodjo, S. (2007). Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta.

Nursalam. (2008). Proses Dan Dokumentasi Keperawatan. Jakarta : Salemba Medika.

Nursalam. (2012). Menajemen Keperawatan : Aplikasi Dalam Praktik Keperawatan Profesional Edisi 3. Jakarta: Salemba Medika.

Nursalam. (2011). Proses Dan Dokumentasi Keperawatan, Konsep Dan Praktek. Jakarta : Salemba Medika.

Tjiptono Fandy dan Diana Anastasia. (2012). Total Quality Manajement, Edisi Revisi. Yogyakarta : Andi.

Downloads

Published

2021-08-23