Hubungan Dukungan Keluarga dengan Keikutsertaan Kelas Ibu Hamil di Klinik Bidan Wanti
DOI:
https://doi.org/10.51771/jintan.v1i2.121Keywords:
Dukungan keluarga, kelas ibu hamil, ibu hamilAbstract
Kelas ibu hamil merupakan salah satu upaya percepatan penurunan AKI dengan meningkatkan pengetahuan, keterampilan ibu hamil mengenai kehamilan, persalinan dan nifas. Dukungan keluarga dipermirakan berpotensi mempengaruhi keikutsertaan ibu dalam kelas ibu hamil. Dukungan keluarga yang diberikan melalui penghargaan, perhatian atau bantuan yang diberikan oleh suatu kelompok atau individu lain, khususnya yaitu dukungan dari pasangan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan dukungan keluarga dengan keikutsertaan kelas ibu hamil di Klinik Bidan wanti. Penelitian ini merupakan penelitian analitik korelasi dengan studi cross-sectional, dengan tehnik pengambil sampel menggunakan tehnik consecutive sampling sehingga didapatkan jumlah sampel 32 orang ibu hamil. Hasil penelitian didapatkan dukungan keluarga pada ibu hamil mayoritas mendukung (59,4%) dan keikutsertaan ibu hamil mayoritas mengikuti kelas ibu hamil (53,1%) di Klinik Bidan Wanti. Hasil uji statistik menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara dukungan keluarga dengan keikutsertaan kelas ibu hamil di Klinik Bidan Wanti, dengan nilai p value 0,005 (α < 0,05). Disimpulkan bahwa semakin baik dukungan keluarga terhadap ibu hamil semakin aktif keikutsertaan ibu hamil dalam kelas ibu hamil. Dukungan keluarga menjadi faktor yang paling dominan mempengaruhi keikutsertaan ibu hamil dalam kelas ibu hamil.
References
Astuti, W. W., Sofiyanti, I., & Widyaningsih, A. (2016). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Keikutsertaan Mengikuti Kelas Ibu Hamil Di Puskesmas Candiroto Kabupaten Temanggung. Rakernas AIPKEMA 2016 “Temu Ilmiah Hasil Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat,” 033, 19–29.
Kementrian Kesehatan RI. (2020). Buku KIA Kesehatan Ibu dan Anak: Bagian Ibu. Katalog Dalam Terbitan. Kementerian Kesehatan RI, 1–38. https://kesga.kemkes.go.id/assets/file/pedoman/BUKU KIA REVISI 2020 LENGKAP.pdf%0Ahttps://kesga.kemkes.go.id/assets/file/pedoman/BUKU KIA TAHUN 2020 BAGIAN IBU.pdf
Masini, M. (2015). Pengaruh Gravida, Pekerjaan, Dukungan Suami, Dukungan Bidan/Tenaga Kesehatan Terhadap Partisipasi Ibu Dalam Kelas Ibu Hamil Di Kabupaten Magelang. Jurnal Kebidanan, 4(8), 37–44.
Prabhakara, G. (2010). Health Statistics (Health Information System). In Short Textbook of Preventive and Social Medicine. https://doi.org/10.5005/jp/books/11257_5
Ranita, B. A., Hardjanti, T. S., & Hendri. (2016). PENGARUH BELLY DANCE TERHADAP TINGKAT KECEMASAN IBU HAMIL PRIMIGRAVIDA TRIMESTER III DI BPM RANTING 3 KoTA SEMARANG. In Jurnal Ilmiah Bidan: Vol. I (Issue 3).
Sawan, D. I., & Buleleng, K. (2019). Jurnal Kesehatan MIDWINERSLION. 4(2), 101–106.
Syam, A. Z., Suriah, & Abdullah, M. T. (2018). Decision Making Behaviour By Pregnant Women in Searching for Health Services in Coastal Areas of Palu City Aswar Zulkifli Syam Program Pascasarjana.
Tarigan, P. B. (2013). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas Xi Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Menengah Atas Al-Huda Pekanbaru. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. www.scholarshub.net
Uktutias, S. A. M., Pratiwi, N. L., & Purnomo, W. (2018). Pengaruh Kesadaran Situasi Ibu Hamil Dengan Frekuensi Kunjungan Antenatal Di Wilayah Kerja Puskesmas Waru Kabupaten Pamekasan Tahun 2016. Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, 21(1), 15–21. https://doi.org/10.22435/hsr.v21i1.89
Wittmann-Price, R. A., Wilson, L., & Gittings, K. K. (2019). Kebidanan Komunitas. In Certified Academic Clinical Nurse Educator (CNE ® cl) Review Manual.
Yusmaharani. (2019). HUBUNGAN DUKUNGAN SUAMI DENGAN PEMANFAATAN KELAS IBU HAMIL. Kesmas Asclepius, 1, 86–95. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/jka.v1i2.586
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 JINTAN: Jurnal Ilmu Keperawatan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.