Hubungan Pelayanan Edukasi dengan Tingkat Kepuasan Pasien Hipertensi di Poliklinik Penyakit dalam RS dr. Chasbullah Abdul Madjid

Authors

  • Fauziah H. Wada sekolah tinggi ilmu kesehatan bani saleh
  • Dina Maisaroh
  • Nur Miladiyah Rahmah
  • Indah Puspitasari

DOI:

https://doi.org/10.51771/jintan.v2i1.205

Keywords:

Pelayanan Edukasi, Kepuasan Pasien

Abstract

Latar Belakang: Hipertensi yang tidak terkontrol dapat menimbulkan komplikasi seperti 45% kematian karena penyakit jantung dan 51% kematian karena penyakit stroke. Pada penderita hipertensi perlu dilakukan pengendalian tekanan darah dan edukasi dari tenaga kesehatan untuk meminimalisir terjadinya komplikasi. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pelayanan edukasi dengan tingkat kepuasan pasien hipertensi di poliklinik penyakit dalam RSUD.dr.Chasbullah Abdul Madjid Kota Bekasi. Metode: Desain penelitian ini menggunakan desain deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel yang digunakan 103 responden. Teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner. Analisis data menggunakan uji chi-square. Hasil: Berdasarkan hasil penelitian terdapat hubungan yang bermakna antara pelayanan edukasi dengan tingkat kepuasan pasien hipertensi dengan nilai p value 0,000 < 0,05. Kesimpulan: Ada hubungan antara pelayanan edukasi dengan tingkat kepuasan pasien hipertensi. Saran: Rumah Sakit dr.Chasbullah Abdul Madjid perlu meningkatkan pelayanan edukasi di poliklinik penyakit dalam dan melakukan penilaian tingkat kepuasan pasien yang dilakukan secara berkala seiring dengan upaya peningkatan kualitas pelayanan.

References

Alamri, A. M., Rumayar, A. A., & Kolibu, F. K. (2015). Hubungan Antara Mutu Pelayanan Perawat Dan Tingkat Pendidikan Dengan Kepuasan Pasien Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (Bpjs) Kesehatan Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Islam (Rsi) Sitti Maryam Kota Manado. Pharmacon, 4(4), 241–251. https://doi.org/10.35799/pha.4.2015.10213

Andriani, A.-. (2017). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Diruangan Poli Umum Puskesmas Bukittinggi. Jurnal Endurance, 2(1), 45. https://doi.org/10.22216/jen.v2i1.461

Budi, L. S., Sulchan, H., & Wardani, R. S. (n.d.). Beberapa Faktor Yang Berhubungan Dengan Tekanan Darah Pada Usia Lanjut Di Rw Viii Kelurahan Krobokan Kecamatan Semarang Barat Kota Semarang. Universitas Muhammadiyah Semarang, 2–4. Retrieved from http://digilib.unimus.ac.id/files/disk1/10/jtptunimus-gdl-s1-2008-liliksetia-497-1-abstrak.pdf

Habibi, A. H., Hakim, F. H., & Azizi, F. S. (2020). Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan dengan Minat Kunjungan Ulang Rawat Jalan di RSIA PKU Muhammadiyah Cipondoh. Jurnal JKFT, 4(2), 11–21.

Hafizoh, I., & Syaifudin, S. (2011). Hubungan antara Kualitas Pelayanan Keperawatan dengan Tingkat Kepuasan Pasien Pengguna ASKESKIN di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit PKU …. Retrieved from http://digilib.unisayogya.ac.id/1078/

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2018). Laporan Nasional RISKESDAS 2018. Kementrian Kesehatan RI, 1–582. Retrieved from https://dinkes.kalbarprov.go.id/wp-content/uploads/2019/03/Laporan-Riskesdas-2018-Nasional.pdf

Khasanah, I., & Pertiwi, O. D. (2010). Analysis of the Effect of Service Quality to the Consumer Satisfaction of St. St. Elisabeth Semarang IMROATUL. Jurnal Khasanah Pertiwi, 12(2), 117–124.

Mumu, L. J., Kandou, G. D., & Doda, D. V. (2015). Analisis Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien di Poliklinik Penyakit Dalam RSUP Prof . Dr . R . D . Kandou Manado Clinic of Internal Medicine Department of RSUP Prof . Dr . R . D . Kandou. Jurnal Unsrat, 1. Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jikmu/article/view/7460

Putri, H. R., Sofiatin, Y., & Roesli, R. (2017). Gambaran Penangkapan Edukasi yang Diberikan kepada Pasien Hipertensi di Ruang Konsultasi Puskesmas Jatinangor. Jurnal Sistem Kesehatan, 2(3), 149–155. https://doi.org/10.24198/jsk.v2i3.11962

Syahrini, E. N. (2012). Faktor-Faktor Risiko Hipertensi Primer Di Puskesmas. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 1.

Utami, L. C. (2018). Gambaran Sikap Kolaborasi Interprofesi Perawat-Dokter di Instalasi Rawat Inap RSD dr. Soebandi Jember. Repository.Unej.Ac.Id, 5. Retrieved from http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/88252

Wada, F. H., Imbang, M., & Hasiolan, S. (2020). The Influence of Oxytocin Massage with Uterus Involution Mother ’ s Post Partum Primigravida in Panembahan Senopati Bantul ’ s Public Hospital , Yogyakarta. 9(2), 33–46. https://doi.org/10.37048/kesehatan.v9i2.266

Wada, F. H., Prabandari, Y. S., & Hapsari, E. D. (2020). BONDING and ATTACHMENT EXPERIENCE among POSTNATAL MOTHERS with SPONTANEOUS CHILDBIRTH. Belitung Nursing Journal, 6(1), 14–20. https://doi.org/10.33546/BNJ.779

Waluyo, G. E. (2010). Pengaruh pendidikan kesehatan terhadap kepuasan pasien di ruang rawat inap RSUD Kota Madiun tesis Gakuk 2010. Magister Kedokteran Keluarga, 1–141.

Zendrato, M. V., Hariyati, R. T. S., & Afifah, E. (2019). Outpatient nursing care implementations in Indonesian regional public hospitals. Enfermeria Clinica, 29, 449–454. https://doi.org/10.1016/j.enfcli.2019.04.066

Downloads

Published

2022-01-31