Konsep Diri Mahasiswa Program Profesi ners di STIKes Santa Elisabeth Medan Tahun 2021
DOI:
https://doi.org/10.51771/jintan.v1i2.51Keywords:
konsep diri, mahasiswa, profesi nersAbstract
Latar Belakang: Konsep diri merupakan persepsi individu terhadap dirinya sendiri. Hal ini sangat penting dikaji untuk memastikan seseorang percaya terhadap dirinya dan menerima kondisinya. Mahasiswa perawat yang nantinya akan berhadapan dengan klien setiap harinya dalam praktik klinik maupun lapangan kerja perlu memiliki konsep diri positif, agar pelayanan keperawatan yang diberikan semakin professional.Konsep diri yang dimiliki oleh mahasiswa program profesi ners akan menggambarkan perilaku dan motivasi mahasiswa dalam menempuh karir dan pendidikannya selanjutnya.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran konsep diri mahasiswa program profesi ners STIKes Santa Elisabeth Medan tahun 2021 secara umum dan gambaran konsep diri secara khusus berdasarkan masing-masing komponen konsep diri.
Metode: Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kuantitatif dengan pengumpulan data melalui teknik total sampling. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa program profesi ners berjumlah 84 responden.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa (100%) mahasiswa program profesi ners memiliki konsep diri yang positif. Berdasarkan setiap komponen, mayoritas mahasiswa (98%) memiliki citra tubuh positif, 80% memiliki ideal diri realistis, 100% memiliki performa peran yang memuaskan, 100% memiliki kejelasan identitas personal dan 74% memiliki harga diri tinggi. Saran: meskipun menunjukkan hasil positif secara keseluruhan, disarankan agar metode pembelajaran yang diterapkan pada program profesi ners memberikan lebih banyak ruang untuk aktivitas pembelajaran yang mendukung pengenalan diri dan kompetisi yang sehat di antara mahasiswa program profesi ners, baik di lingkungan kampus keperawatan maupun di rumah sakit dan klinik, untuk meningkatkan peluang berprestasi yang dapat mempengaruhi tingkat kepercayaan diri mereka ketika menyelesaikan pendidikan profesi ners.
References
Azizi, K. (2015). Hubungan Konsep Diri dengan Rasa Percaya Diri Mahasiswa Stain Salatiga Program Studi Pendidikan Agama Islam. 66. http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/484/1/Khoiri Azizi_11110180.pdf
Batoran, s., & Wayan Sukmawati Puspitadewi, N. (2018). Perbedaan Konsep Diri Pada Mahasiswa Berdasarkan Status Partisipasi Dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (Ukm) Univeristas Negeri Surabaya. Character: Jurnal Penelitian Psikologi., 5(2).
Damarhadi, S., Mujidin, M., & Prabawanti, C. (2020). Gambaran Konsep Diri Pada Siswa SMA Ditinjau Berdasarkan Jenis Kelamin. Psikostudia : Jurnal Psikologi, 9(3), 251. https://doi.org/10.30872/psikostudia.v9i3.4392
Darman, N. A., & Padang, U. N. (2018). Hubungan antara konsep diri dengan konformitas pada mahasiswa yang berorganisasi. 1–12.
Di, A., & Kristen, U. (2017). Hubungan antara konsep diri dengan stres akademik pada mahasiswa papua pengguna alkohol di universitas kristen satya wacana.
Hidayati, K. B., & Farid, M. (2016). Konsep Diri, Adversity Quotient dan Penyesuaian Diri pada Remaja Khoirul Bariyyah Hidayati. Psikologi, 5(02), 137–144.
Kamila, Karina Megasari Winahyu, W. D. (2018). Jurnal JKFT : Universitas Muhamadiyah Tangerang Hubungan antara Konsep Diri dan Motivasi Belajar Mahasiswa Keperawatan Tingkat I & II di Universitas Muhammadiyah Tangerang Oleh Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Tangerang Kamila Jurnal JKFT. Jurnal JKFT: Universitas Muhamadiyah Tangerang, 2, 1–6. file:///C:/Users/User/AppData/Local/Packages/Microsoft.MicrosoftEdge_8wekyb3d8bbwe/TempState/Downloads/1986-4584-1-SM (3).pdf
Kurniawati, K. E., & Harjanto, T. (2018). Hubungan Harga Diri dan Komunikasi Terapeutik Mahasiswa Profesi Keperawatan. Jurnal Persatuan Perawat Nasional Indonesia (JPPNI), 2(3), 144. https://doi.org/10.32419/jppni.v2i3.91
Liman, A. P. K. (2017). KONSEP DIRI MAHASISWA PAPUA DI YOGYAKARTA (Studi Deskriptif pada Mahasiswa Papua yang Tinggal di Asrama Marauke Yogyakarta Tahun Kuliah 2016/2017 dan Implikasinya Terhadap Usulan Topik-topik Bimbingan Pribadi-Sosial). https://repository.usd.ac.id/12091/
Mz, I. (2018). Peran Konsep Diri Terhadap Kedisiplinan Siswa. NALAR: Jurnal Peradaban Dan Pemikiran Islam, 2(1), 1. https://doi.org/10.23971/njppi.v2i1.915
Pratiwi, Y. (2014). Gambaran konsep diri pada klien dewasa muda dengan kolostomi permanen di yayasan kanker indonesia jakarta pusat. 1, 1–134.
Setiadi, Y. (2018). Hubungan Konsep Diri, Kecerdasan Emosional, dan Kecemasan Belajar dengan Prestasi Belajar Mahasiswa. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 119. https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i1.1066
Vivian, D. (2016). Konsep Diri Mahasiswa Program Profesi Ners di Fakultas Keperawatan Universitas Sumatera Utara.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 JINTAN: Jurnal Ilmu Keperawatan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.