Hubungan Antara Kinerja Perawat Dalam Tindakan Pemasangan Infus Dengan Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Setia Budi Medan Tahun 2022

Authors

  • Irwan Agustian Universitas Haji Sumatera Utara
  • Zulfahri Lubis Universitas Haji Sumatera Utara
  • Yulis Hati Universitas Haji Sumatera Utara
  • Nisywah Izzati Universitas Haji Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.51771/jintan.v3i02.605

Keywords:

Kinerja Perawat, Keterampilan Psikomotor, Keterampilan Interpersonal, Kepuasan Pasien

Abstract

Abstrak

Kinerja perawat merupakan tindakan yang dilakukan seseorang perawat dalam suatu organisasi sesuai dengan wewenang dan tanggung jawabnya masing-masing, dimana kinerja yang baik dapat memberikan kepuasan pada pengguna jasa dan juga menigkatkan mutu pelayanan keperawatan. Pemasangan infus merupakan salah satu terapi utama sebagai jalur pemberian obat, pemberian cairan, pemberian produk darah atau sampling darah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kinerja perawat dalam tindakan pemasangan infus dengan kepuasan pasien di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Setia Budi Medan Tahun 2022.

Desain penelitian ini adalah survey analitik dengan pendekatan Cross Sectional Study dengan jumlah sampel sebanyak 68 responden.Metode pengumpulan sampel yaitunon-probability sampling dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisa uji statistik yang dipilih adalah uji chi ssquare crosstabs tabel 2x2.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja perawat berdasarkan keterampilan psikomotor yaitu baik sebanyak 48 orang (70,6%), kinerja perawat berdasarkan keterampilan interpersonal yaitu baik sebanyak 50 orang (73,5%) dan kepuasan pasien yaitu puas sebanyak 40 orang (70,6%). Ada hubungan antara kinerja perawat dalam tindakan pemasangan infus dengan kepuasan pasien di ruang rawat inap Rumah Sakit Setia Budi Medan Tahun 2022 dengan nilai p value 0,001 < 0,05.

Kesimpulannya adalah adanya hubungan antara kinerja perawat dalam tindakan pemasangan infus dengan kepuasan pasien di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Setia Budi Medan Tahun 2022.

 

References

Abdu, dkk. (2021). Dampak Kompetensi Perawat Aspek Keterampilan Pemasangan Infus Terhadap Kejadian Flebitis Di Rs Stella Maris Makassar. Jurnal Media Keperawatan: Politeknik Kesehatan Makassar Vol. 12, No. 2, 18-23.

Anis Novitasari. (2019). Hubungan Kinerja Perawat Dengan Kepuasan Pasien (Studi Di Puskesmas Kumpai Batu Atas Kabupaten Kotawaringin Barat Kalimantan Tengah. Jurnal Borneo Cendekia Vol. 3 No. 1, 30-35.

Arafah. (2014). Hubungan Kinerja Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Keluarga Pasien (Perspektif Keluarga Pasien) Di Ruang Rawat Inap Bedah Rumah Sakit Umum Daerah Nagan Raya Tahun 2014. Skripsi, Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Teuku Umar, Meulaboh.

Budiono dan Sumirah. (2015). Konsep Dasar Keperawatan. Jakarta: Bumi Medika.

Deborah Siregar, dkk. (2021). Pengantar Proses Keperawatan: Konsep, Teori dan Aplikasi. Indonesia: Yayasan Kita Menulis.

Dewi Setya, dkk. (2021). Nilai Esensial Dalam Keperawatan. Cirebon: Penerbit Insania.

Dewi Wulandari. (2019). Hubungan Kinerja Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Bpjs Rawat Inap Di Rs Pku Muhammadiyah Yogyakarta. Yogyakarta. Naskah Publikasi, Program Sarjana Keperawatan Universitas Aisyiyah, Yogyakarta.

Donal Nababan, dkk. (2021). Kepuasan dan Loyalitas Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Umum. Yogyakarta: Zahir Publishing.

Eda Wardanengsi. (2022). Manajemen Dalam Keperawatan. Klaten: Penerbit Lakeisha.

Erik Erpan. (2016). Gambaran Keterampilan Pemasangan Infus Pada Perawat Vokasional Dan Perawat Profesional Rumah Sakit Pku Muhammadiyah Di Wilayah Yogyakarta. Naskah Publikasi, Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah, Yogyakarta.

Fanny, dkk. (2022). Faktor Yang Berhubungan Dengan Kinerja Perawat Dalam Menerapkan Model Praktik Keperawatan Profesional Terhadap Kepuasan Pasien Diruang Rawat Inap Rs Marinir. Malahayati Health Student Journal, Vol.2, No.3, 598-610.

Frangki Rahanjaan. (2020). Hubungan Kualitas Pelayanan Perawat Dengan Kepuasan Keluarga Pasien Di IGD Rumah Sakit Umum Daerah Labuang Baji. Skripsi, Program Sarjana Keperawatan STIKES Panakkukang, Makassar.

Giri Susilo, dkk. (2022). Buku Modul Standar Operasional Prosedur Keterampilan Perawat. Kediri: Lembaga Omega Medika.

Irawati, dkk. (2013). Hubungan Komunikasi Terapeutik Pada Pemasangan Infus Dengan Kepuasan Pasien. Naskah Publikasi, STIKes Cirebon, Cirebon.

Istichomah. (2020). Modul Praktikum Keperawatan I. Bandung: CV. Media Sains Indonesia.

Jenita. (2021). Motivasi, Kemampuan, dan Pelaksanaan Kinerja. Nagari Koto Baru: Penerbit Insan Cedekia Mandiri.

Kristanto. (2018). Metodologi Penelitian Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Sleman: Penerbit Deepublish.

Luan, dkk. (2018). Hubungan Kinerja Perawat dengan Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap RS Tk. III 04.06.03 Dr. Soetarto Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Keperawatan Indonesia, Vol 1, No 2, 9-28.

Maria Goreti Luan, dkk. (2018). Hubungan Kinerja Perawat dengan Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap RS Tk. III 04.06.03 Dr. Soetarto Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Kperawatan Indonesia, Vol.1, No.2, 9-28.

Muliati dan Nurnainah. (2019). Hubungan Kinerja Perawat Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Baji Kamase Rsud Padjonga Dg. Ngalle, Takalar. Jurnal Berita Kesehatan: Jurnal Kesehatan, Vol. 10, No. 1, 1-8.

Neila Fauzia dan Risna. (2020). Tingkat Kepatuhan Perawat Dalam Melaksanakan Standar Operasional Prosedur Pemasangan Infus. Jurnal Unigha, Vol.2, No.2, 69-80.

Pribadi. (2017). Hubungan Kinerja Perawat Dalam Tindakan Keperawatan Dengan Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Penyakit Dalam. Jurnal Kesehatan Holistik (The Journal of Holistic Healthcare), Volume 11, No.1, 1-4.

Rifka E. Rama, dkk. (2019). Hubungan Kinerja Perawat Dengan Kepuasan Pasien Di Instalasi Gawat Darurat Rsu Gmim Pancaran Kasih Manado. E-Jurnal Keperawatan, Vol.7, No.1, 1-7.

Riyanto dan Hatmawan. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Di Bidang Mamajemen, Teknik, Pendidikan Dan Eksperimen. Sleman: Penerbit Deepublish.

Rukmi, dkk. (2022). Metodologi Proses Asuhan Keperawatan. Yayasan Kita Menulis.

Zulkarnain. (2022). Analisis Fungsi Manajemen Pengarahan Terhadap Penerapan MAKP. Sumatera Barat: CV. AZKA PUSTAKA

Downloads

Published

2023-08-25