Studi Eksploratif Motivasi Dan Efikasi Diri Sebelum Praktik Klinik Pada Mahasiswa Program Studi Keperawatan Universitas Timor Di Atambua Nusa Tenggara Timur
DOI:
https://doi.org/10.51771/jintan.v4i1.812Keywords:
praktik klinik, keperawatan, motivasi, Efikasi DiriAbstract
Latar belakang: Proses pembelajaran praktik klinik merupakan proses dalam institusi pendidikan dalam penerapan praktik pembelajaran. Praktik klinik merupakan sarana proses pembelajaran pada mahasiswa keperawatan. Hal ini dibutuhkan motivasi dan efikasi diri sebelum praktik klinik. Motivasi dipengaruhi oleh dukungan, keterkaitan, otonomi dan kompetensi. Efikasi diri adalah proses mental yang memandu perilaku dan memberikan pengaruh pada pembentukan tujuan, tingkat motivasi seseorang, ketekunan dan ketahanan dalam menghadapi kesulitan. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi studi eksploratif motivasi dan efikasi diri sebelum praktik klinik pada mahasiswa program studi keperawatan universitas timor di atambua nusa tenggara timur. Metode Penelitian: Desain penelitian ini kualitatif fenomenologi (in deep interview). Sampel: 9 partisipan mahasiswa tingkat II semester III. Hasil: didapatkan gambaran 5 (lima) tema yang meliputi: (1). Arti motivasi; (2). Arti efikasi diri; (3). Arti praktik klinik mahasiswa; (4). Dukungan; (5). Upaya dan Rencana Tindak lanjut. Kesimpulan Praktik klinik mahasiswa yang dieksplorasi dari perspektif mahasiswa adalah dengan peningkatan motivasi dan efikasi diri. Saran: menjadi evidence dalam pengembangan keilmuan keperawatan medikal bedah khusunya dalam peningkatan motivasi dan efikasi diri mahasiswa sebelum praktik klinik.
References
Alligood, M. R. (2014). Nursing Theorists and Their Work. In Elseiver Mosby (8 Edition, Vol. 24, Issue 1). https://doi.org/10.5172/conu.2007.24.1.106a
Amar, Z., Mita, & Ernawati. (2019). Pengalaman mahasiswa keperawatan universitas tanjungpura dalam pelaksanaan praktik klinik I. Journal Proners, 4(1), 1.
Andriani, M., & Widiawati, K. (2017). Penerapan Motivasi Karyawan Menurut Teori Dua Faktor Frederick Herzberg Pada PT Aristika Kreasi Mandiri. Jurnal Administrasi Kantor, 5(1), 83–98.
Bandura, A. (1997). Self-Efficacy in Changing Societies. United States of America by Cambridge University Press.
Bhandari, P., Pareek, B., Vashisht, S., & Kalia, R. (2016). Nursing Competency Self Efficacy (NCSE) Scale for Outgoing Nursing Students. IOSR Journal of Nursing and Health Science Ver. I, 5(1), 56–63. https://doi.org/10.9790/1959-05115360
Cziraki, K., Read, E., Spence Laschinger, H. K., & Wong, C. (2018). Nurses’ leadership self-efficacy, motivation, and career aspirations. Leadership in Health Services, 31(1), 47–61. https://doi.org/10.1108/LHS-02-2017-0003
Hee, O. C., & Kamaludin, N. H. B. (2016). Motivation and job performance among nurses in the health tourism hospital in Malaysia. International Review of Management and Marketing, 6(4), 668–672.
Hee, O. C., Kamaludin, N. H., & Ping, L. L. (2016). International Review of Management and Marketing Motivation and Job Performance among Nurses in the Health Tourism Hospital in Malaysia. International Review of Management and Marketing, 6(4), 668–672. http:%0Awww.econjournals.com
J.Brown, L., M.Malouff, J., & S.Schutte, N. (2013). Self-efficacy theory. In Routledge Handbook of Adapted Physical Education. https://doi.org/10.4324/9780429052675-24
Johansson-Pajala, R. M., Martin, L., Fastbom, J., & Jorsäter Blomgren, K. (2015). Nurses’ self-reported medication competence in relation to their pharmacovigilant activities in clinical practice. Journal of Evaluation in Clinical Practice, 21(1), 145–152. https://doi.org/10.1111/jep.12263
Marlina, T. T. (2017). Perilaku Mahasiswa Dalam Pembelajaran Praktik Klinik Keperawatan Anak. Jurnal Keperawatan Notokusumo, 5(1), 24–35. http://jurnal.stikes-notokusumo.ac.id/index.php/jkn/article/view/57
Nursalam. (2014). Manajemen keperawatan Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional (4th ed.). Salemba Medika.
Vasconcelos, S. C., Frazão, I. D. S., Sougey, E. B., Souza, S. L. De, De Souza, S. L., & Lima, M. D. D. C. (2018). Assessment tools for the measurement of the self-efficacy of drug users: Protocol for a systematic review. BMJ Open, 8(3), 1–5. https://doi.org/10.1136/bmjopen-2017-019019
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Christina Anugrahini, Maria Fatimah W.A Fouk, Rufina Nenitriana S Bete, Lidya Elsyani Seran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.