ANALISIS RISIKO BISNIS UMKM ES TEH JUMBO: PERSPEKTIF KUALITATIF TENTANG TREN, PERSAINGAN WARALABA & HARGA
DOI:
https://doi.org/10.51771/jumper.v3i2.1225Kata Kunci:
Risiko, UMKM, Tren, Persaingan Waralaba, HargaAbstrak
Es Teh Jumbo berhasil sebagai tren baru dalam industri minuman dipicu oleh kemampuannya menjadi viral di media sosial, di mana popularitas digital ini membuka peluang bagi pengusaha UMKM untuk menjangkau pasar lebih luas dengan biaya rendah. Namun, semakin viral Es Teh Jumbo, semakin besar pula risiko yang harus dihadapi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui risiko-risiko yang dihadapi oleh pelaku UMKM dan dapat memberikan wawasan mendalam tentang dinamika perspektif tren, persaingan waralaba dan harga khususnya pada produk UMKM Es Teh Jumbo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur berbasis data sekunder dengan mengumpulkan data dari jurnal ilmiah, buku akademik, laporan penelitian, dan publikasi resmi yang relevan dengan topik risiko bisnis UMKM Es Teh Jumbo. Hasil analisis yang didapat dari penulis yaitu: 1)Tren konsumsi yang meningkat membawa peluang besar bagi UMKM, namun juga menuntut inovasi berkelanjutan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen yang selalu berubah. Penelitian menunjukkan bahwa kolaborasi dengan influencer dan strategi pemasaran kreatif dapat membantu mempertahankan minat konsumen. 2)Persaingan dalam waralaba es teh jumbo sangat ketat, dengan merek-merek besar yang memiliki modal dan strategi pemasaran yang kuat. 3)Harga yang terlalu tinggi dapat mengurangi minat beli konsumen, sementara harga yang terlalu rendah dapat merugikan pelaku usaha.
Kata Kunci: Risiko, UMKM, Tren, Persaingan Waralaba, Harga.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Gracenda Febina Br Purba Grace, Dita Marsela Saragih, Irma Bonita Simbolon, Jekky Ginting, Mahya Sabilillah, William Girsang

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.