MINIMISASI BIAYA PENGIRIMAN BARANG PERUSAHAAN MENGGUNAKAN METODE TRANSPORTASI JNE AMPLAS
DOI:
https://doi.org/10.51771/jumper.v3i2.1335Kata Kunci:
Biaya Transportasi, Metode NWC, Metode VAM, Metode Stepping Stone, POM-QM for Windows.Abstrak
PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE), sebuah perusahaan ekspedisi barang di Indonesia yang mulai beroperasi sejak 26 November 1990. Perusahaan ini memiliki tujuan untuk mencapai keuntungan dengan mengatur biaya operasional secara efektif, salah satu aspek penting dalam distribusi barang. Masalah transportasi menjadi tantangan utama dalam mencapai tujuan pengiriman barang, di mana solusi yang dicari adalah mengoptimalkan biaya dan waktu dalam proses distribusi. Penelitian ini menggunakan Metode VAM (Vogels Approximation Method) untuk mengatasi permasalahan optimasi distribusi. Dengan menggunakan alat bantu seperti POM for Windows dan Microsoft Excel, penelitian bertujuan untuk menganalisis pengelolaan distribusi barang dari gudang-gudang JNE yang tersebar di Indonesia, terutama di Sumatera Utara, sekaligus bertujuan meminimalkan biaya total distribusi. Analisis biaya transportasi menggunakan tiga metode yang berbeda, yaitu Metode Northwest Corner (NWC), Metode VAM (Vogels Approximation Method), dan Metode Stepping Stone (SS). Melalui pemodelan dengan software POM-QM for Windows, diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa total biaya transportasi menggunakan kedua metode NWC dan VAM adalah Rp. 2.641.780,-. Selanjutnya biaya upah sopir untuk pengiriman juga dihitung berdasarkan alokasi dari kedua metode tersebut, menghasilkan total biaya sebesar Rp. 1.185.000,-. Namun melalui analisis lebih lanjut, ditemukan alokasi biaya supir termurah sebesar Rp. 563.000,- dengan metode yang dioptimalkan menggunakan POM-QM. Hasil ini memberikan wawasan penting dalam pengelolaan distribusi yang efisien dan biaya efektif dalam proses pengiriman.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Rahel Simanullang, Susilawati Silitonga, Theresia Herdiana Uli br Simarmata, Ahmad Albar Tanjung

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.