SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: PENERAPAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI PROMOSI DALAM MENINGKATKAN MINAT CALON PESERTA DIDIK BARU DI LEMBAGA PENDIDIKAN

Penulis

  • Lusi Lestari Uin sultan maulana hasanuddin banten
  • Lilis Sumyati UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Anis Fauzi UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

DOI:

https://doi.org/10.51771/jumper.v3i2.1340

Kata Kunci:

Digital Marketing, Minat Peserta Didik, Strategi Promosi

Abstrak

Lembaga pendidikan modern harus dikelola dengan kompetensi dan kehati-hatian yang tinggi karena semakin intensifnya persaingan antar sekolah. Untuk mempengaruhi pilihan orang tua dan calon siswa, sekolah memerlukan strategi promosi yang efektif. Di era teknologi yang serba cepat saat ini, menjangkau khalayak yang paham teknologi mengharuskan lembaga pendidikan beradaptasi dengan memasukkan pemasaran digital ke dalam strategi mereka. Sekolah dapat memanfaatkan platform seperti situs web resmi dan saluran media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, TikTok, YouTube, dan WhatsApp untuk tujuan ini. Penelitian ini mengeksplorasi bagaimana strategi promosi berbasis digital marketing dapat meningkatkan minat calon mahasiswa baru. Dengan menggunakan pendekatan tinjauan literatur, penelitian ini mengambil wawasan dari berbagai sumber, termasuk buku, temuan penelitian, dan jurnal akademis. Jika diterapkan secara efektif, pemasaran digital memungkinkan sekolah untuk melibatkan khalayak yang lebih luas, sehingga informasi tentang institusi dapat diakses dengan mudah kapan saja dan di mana saja. Selain itu, upaya promosi digital ini hemat biaya dan efisien, sehingga mendukung misi sekolah dalam menarik siswa baru dengan sukses.

Diterbitkan

2025-02-09

Terbitan

Bagian

Articles