ANALISIS HARGA, KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PT TIGARAKSA SATRIA TBK MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.51771/jumper.v1i1.383Abstrak
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh harga, kualitas pelayanan dan kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan pada PT. Tiga Raksa Satria Tbk medan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan mempergunakan pendekatan normatif ( legal research ) untuk mendapatkan data skunder dan pendekatan empiris ( yuridis sosiologis ), untuk memperoleh data primer melalui penelitian lapangan ( field research ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh harga , kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada PT. Tigaraksa Satria Tbk. medan, dan berdasarkan hasil penelitian adalah sebagai berikut: Pertama, pengaruh harga terhadap loyalitas pelanggan berpengaruh secara positif dan signifikan yang dimana artinya apabila harga membaik maka loyalitas pelanggan juga akan membaik. Kedua, pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan berpengaruh secara positif dan signifikan yang dimana artinya apabila kualitas pelayanan meningkat maka loyalitas pelanggan juga akan meningkat. Ketiga, pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan berpengaruh positif dan signifikan yang dimana artinya apabila kepuasan pelanggan meningkat maka loyalitas pelanggan juga akan meningkat. Ke empat, pengaruh secara keseluruhan harga, kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan berpengaruh positif yang dimana artinya apabila ketiga variabel bebas terus di tingkatkan maka loyalitas pelanggan juga akan meningkat. Untuk itu diharapkan kepada PT. Tigaraksa satria Tbk. medan dalam hal memperbaiki loyalitas pelanggannya agar lebih memperhatikan lagi tentang masalah harga, kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggannya. Agar terciptanya loyalitas pelanggan yang baik di PT. Tigaraksa Satria Tbk. Medan.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Manajemen dan Pemasaran

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.