Manajemen Strategis

Penulis

  • Ghepira Raudhatul Jannah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Desma Mellinia Anjani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Gardhena Riyan Puspa Universitas Pendidikan Indonesia
  • Henida Garniz Universitas Pendidikan Indonesia
  • Melvie Mardani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Purna Hindayani Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51771/jumper.v2i1.578

Abstrak

Miluyu Coffee adalah salah satu Coffeshop yang bergerak di bidang penjualan kopi. Miluyu Coffee setiap hari nya memenuhi kebutuhan konsumen dengan dituntut untuk lebih unggul dibandingkan pesaingnya. Dan menentukan strategi penjualan yang tepat untuk memenangkan persaingan dengan coffeshop lain. Tujuan penelitian ini mengambil keputusan yang tepat dalam menentukan strategi penjualan untuk memenangkan persaingan. Metode yang digunakan berupa formulasi matriks manajemen strategis yang terdiri dari 3 stage, yaitu Input Stage dengan menggunakan metode Matriks Internal Factor Evaluation (IFE), Matriks External Factor Evaluation (EFE), matriks internal eksternal (IE) dan Matching Stage dengan menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian ini menunjukan hasil matriks IE yang menghasilkan kuadran I yang artinya pada kategori strong dan average. Posisi ini mengidentifikasi Miluyu Coffee dalam kondisi tumbuh dan berkembang, maka pilihan strategi pada kuadran I adalah strategi intensif (penetrasi pasar, pengembangan produk) dan strategi integrative (integrase ke depan, belakang, dan horizontal).

Diterbitkan

2023-08-02