PENGARUH STRATEGI PEMASARAN MELALUI TIKTOK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN: STUDI LITERATUR

Penulis

  • Febri Annisa Universitas Pendidikan Indonesia
  • Mochammad Reza Fadli Universitas Pendidikan Indonesia
  • Novia Suherman Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ida Farida Adi Prawira Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51771/jumper.v2i2.798

Kata Kunci:

Pemasaran, Pemasaran Digital, Strategi Pemasaran, TikTok Marketing, Minat Beli

Abstrak

TikTok, dengan lebih dari 1 miliar pengguna aktif global, telah menjadi platform pilihan untuk pemasaran bisnis, khususnya di Indonesia dengan 22,2 juta pengguna aktif. Bisnis menggunakan TikTok untuk menciptakan konten menarik, berkolaborasi dengan influencer, dan menjalankan iklan berbayar. Strategi pemasaran ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran merek dan mendorong interaksi dengan konsumen. Beberapa penelitian telah menunjukkan kesuksesan kampanye TikTok, seperti kampanye "BFI Smile Ramadhan" oleh BFI Finance. TikTok juga digunakan untuk mempengaruhi keputusan pembelian, seperti dalam studi yang melibatkan salah satu merek yaitu Bittersweet by Najla. Semua ini menegaskan peran penting TikTok dalam pemasaran digital. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengumpulkan bukti melalui metode studi literatur berdasarkan penelitian yang telah dilakukan mengenai Pengaruh Pemasaran melalui TikTok terhadap Minat Beli Konsumen.

Diterbitkan

2024-02-01