UPAYA MENINGKATKAN SELF REGULATED LEARNING (PENGATURAN DIRI DALAM BELAJAR) SISWA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DI SMPN 1 MEDAN

Authors

  • rozi ramli Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Keywords:

Self Regulated Learning, Layanan Bimbingan Kelompok

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya untuk meningkatkan self regulated learning (pengaturan diri dalam belajar) pada siswa melalui layanan bimbingan kelompok di SMP N 1 MEDAN. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII Kiras Bangun di SMP N 1 MEDAN yang berjumlah 30 orang. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan bimbingan konseling (PTBK) dengan dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi dan angket. Hasil instrumen angket yang diberikan sebelum tindakan sebesar 61,3 %, Selanjutnya pada siklus I diberikan tindakan layanan bimbingan kelompok dengan hasil 66,3 %. Namun karena belum mencapai tujuan yang ditentukan yaitu 75%, maka peneliti melanjutkan pada siklus II yaitu diberikan layanan bimbingan kelompok dan terlihat adanya peningkatan self regulated learning pada siswa yaitu dengan hasil sebesar 81,7 %. Jadi hasil peningkatan dari siklus I ke siklus II, terlihat adanya peningkatan sebesar 15,4 %. Artinya siswa yang diberikan layanan bimbingan kelompok mengalami peningkatan self regulated learning (pengaturan diri dalam belajar).

References

Aisyah, S., & Alfita, L. (2017). Strategy Self Regulated Learning pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Medan Area. JUPIIS: JURNAL PENDIDIKAN ILMU-ILMU SOSIAL, 9(2), 202-212.

Dede Rahmat Hidayat (2020). Penelitian Tindakan Dalam Bimbingan dan Konseling Jakarta: PT Indeks.

Eddy, Wibowo Mungin. (2005) Konseling Kelompok Perkembangan. Semarang: Unnes Press.

Harahap. A. C. P. (2020). Prosedur Kelompok Dalam Konseling. Medan: UINSU MEDAN.

Mua’allimin, Rahmat. (2014) Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktik. Jawa Timur: Ganding Pustaka.

Prayitno dan Amti. (2004) Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling, Jakarta: Rineka Cipta.

Romlah (2001). Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok, Malang: UNM

Waluandja. A.P., dan Dami. A.Z. (2018), Upaya Pengendalian Diri Melalui Layanan Bimbingan Kelompok. JURNAL PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN, Vol. 1 No. 1 2018.

Zimmerman, B. J. (2008). Investigating self-regulation and motivation: Historical background, methodological developments, and future prospects. American Educational Research Journal, 45(1), 166–183. https://doi.org/10.3102/0002831207312909

Zimmerman, B. J. (2011). Encourcing Self-regulated Learning in the Clasroom: A Review of the Literature: Metropolitan Educational Research Consortium (MERC). Virginia Commonwealth University.

Downloads

Published

2024-02-26