Faktor - Faktor yang Berpengaruh Terhadap Penerapan Keselamatan Pasien di Ruangan Rawat Inap RSU Permata Madina Panyabungan

Authors

  • Tiwanto Dakhi Institut Kesehatan Helvetia
  • Mappeaty Nyorong Institut Kesehatan Helvetia
  • Juliandi Harahap Institut Kesehatan Helvetia

DOI:

https://doi.org/10.51771/mj.v2i1.173

Keywords:

Reliability, Assurance, Tangibles, empathy, Responsiveness, Mutu Pelayanan Kesehatan

Abstract

Rumah sakit memiliki peran yang sangat strategis dalam upaya mempercepat peningkatan derajat kesehatan masyarakat. Paradigma baru pelayanan kesehatan mensyaratkan rumah sakit memberikan pelayanan berkualitas sesuai kebutuhan dan keinginan pasien dengan tetap mengacu pada kode etik profesi dan medis. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan reliability, assurance, tangibles, emphaty, responsiveness dengan mutu pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Stella Maris Bintang Laut Kecamatan Teluk Dalam Kabupaten Nias Selatan. Desain penelitian menggunakan metode kuantitatif yang dilakukan survei analitik dengan pendekatan cross sectional study. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien yang datang berobat yaitu 512 responden. Sampel menggunakan sistem accidental sampling sebanyak 83 pasien. Analisis data menggunakan analisis univariat, bivariat dan multivariat. Hasil penelitian menunjukkan variabel reliability p = 0,010, assurance p = 0,027, tangibles p = 0,000, empathy p = 0,027, responsiveness p = 0,000. Sedangkan faktor yang dominan yang berhubungan dengan mutu pelayanan adalah responsiveness p = 0,000, 95% CI = 6,092-154,611 dengan OR 30,691. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan reliability, assurance, tangible, emphaty, responsiveness dengan pelayanan di Rumah Sakit Stella Maris Bintang Laut Kecamatan Teluk Dalam Kabupaten Nias Selatan. Disarankan kepada Rumah Sakit Stella Maris Bintang Laut Kecamatan Teluk Dalam Kabupaten Nias Selatan agar meningkatakan mutu pelayanan pada dimensi responsiveness, yang dirasa kurang baik dari pemberi pelayanan (petugas kesehatan) kepada pasien rawat jalan dalam hal ini dapat memberikan pelatihan kepada petugas kesehatan agar lebih memaksimalkan dan mempertahankan kualitas yang sudah baik agar kepuasan pelayanan kesehatan pasien dapat tercapai secara maksimal.

References

Nova, R. F. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Pada Rumah Sakit. Muhammadiyah Surakarta. 2010;210.

Mental A. World Health Organization. 2003;1–8.

Ridwan, I., & Saftarina, F. (2015). Pelayanan Fasilitas Kesehatan: Faktor Kepuasan dan Loyalitas Pasien. Jurnal Majority, 4(9), 20-26.

Indonesia Mkr. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1171/Menkes/Per/Vi/2011. 2011;2–5.

Siyen, S., Hadi, A. J., & Asriwati, A. (2020). Faktor Yang Berhubungan Dengan Mutu Pelayanan Rumah Sakit Bhayangkara Tebing Tinggi. MPPKI (Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia): The Indonesian Journal of Health Promotion, 3(3), 267-274.

Sugiyono, (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. CV. Alfabeta, Bandung..

Afrilianti, A. N. Kepuasan Pasien terhadap Mutu Pelayanan Rawat Inap berdasarkan Metode ServQual di Rumah Sakit Umum Daerah Cilegon Tahun 2014.

Siyen, S., Hadi, A. J., & Asriwati, A. (2020). Faktor Yang Berhubungan Dengan Mutu Pelayanan Rumah Sakit Bhayangkara Tebing Tinggi. MPPKI (Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia): The Indonesian Journal of Health Promotion, 3(3), 267-274.

Leu Fy, Pai Cc. Analisis Regresi Multivariat Berdasarkan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Derajat Kesehatan Di Provinsi Jawa Timur. 5th Int Conf Inf Assur Secur Ias 2009. 2017;2:255–8.

Wildani H, Badiran M, Hadi Aj. Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Rawat Jalan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Peserta Jaminan Kesehatan Nasional Di Rsu Muhammadiyah Sumatera Utara. J Komunitas Kesehat Masy. 2020;1(2):7–21.

Fadillah M. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Peserta Bpjs Di Rumah Sakit Umum Daerah Langsa Tahun 2017. Jkmm. 2018;3(11):291–300.

W.J. Habitie T, Rattu Aj., Pasiak T. Analisis Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien Di Instalasi Rawat Jalan Bedah Rsup Prof. Dr. R. D. Kandau Manado. Jikmu. 2015;5(2a):302–10.

Downloads

Published

2022-01-31

Most read articles by the same author(s)