EDUCATIONAL WEBINAR: MAKING PARAPHRASE EASIER FOR THOSE WHO HAVE ALREADY COPY PASTED
Keywords:
Plagiarism Prevention, Copy-paste Practices, Paraphrasing TechniquesAbstract
The high prevalence of plagiarism in the creation of scientific articles and the widespread practice of copy-pasting underpin the motivation for this activity. The purpose of this initiative is to provide a solution to the recurring issue of plagiarism resulting from such practices. Additionally, the activity aims to offer insights and skills to participants in avoiding acts of plagiarism. The methodology employed involves interactive discussions and live demonstrations conducted online through the Zoom application, packaged in the form of a webinar. This Community Engagement project was attended by 33 participants, consisting of lecturers and senior university students from Tjut Nyak Dhien University .The findings from this initiative revealed an enhancement in participants' understanding of paraphrasing practices and the negative impacts of plagiarism. Furthermore, participants acquired practical skills in effectively applying paraphrasing techniques, resulting in a better comprehension of the significance of creating original content and how to avoid plagiarism. In conclusion, the webinar provided a comprehensive perspective on the importance of plagiarism prevention, enhancing awareness of potential legal and academic consequences associated with such actions.
References
Aravik, H., & Ahmad Tohir. (2023). Sosialisasi Software Cek Plagiat Pada Mahasiswa Semester Akhir. ADM : Jurnal Abdi Dosen Dan Mahasiswa, 1(1), 87–94. https://doi.org/10.61930/jurnaladm.v1i1.209
Ardinansyah, A., Tenrisau, D., Aslim, F., & Wekke, I. S. (2019). Ketidakjujuran Akademik dalam Perguruan Tinggi. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.12323.14884
Basiran, Merizawati, H., Hardianty, S., Ali, H., Kase, M. S., & Mayndarto, E. C. (2023). Pelatihan Penyusunan Artikel Ilmiah Bebas Plagiasi. Community Development Journal, 4(2), 3513–3518.
Bettawinda, D. (2019). Hubungan Integritas Moral Dengan Perilaku Plagiat Mahasiswa Kampus V Universitas Negeri Padang. Riset Psikologi, 004, 1–10.
Fidhyallah, F., Pratama, A., & Agustin, D. (2023). Pelatihan Keterampilan Dasar dalam Menulis Karya Ilmiah Basic Skills Training In Scientific Writing. Jurnal Panrita Abdi, 7(2), 275–284.
Fitriyah, I. A., & Amin, A. (2023). Pengaruh Prokrastinasi Akademik Terhadap Tingkat Plagiarisme Mahasiswa Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan. AFEKSI: Jurnal Psikologi, Filsafat Dan Saintek, 2(2), 114–122.
Fransantoso. (2023). Penegakan Hukum Terhadap Plagiarisme Karya Ilmiah Sebagai Upaya Pencegahan dan Penanggulangan Plagiat di Perguruan Tinggi. Jurnal Ilmu Hukum “The Juris’’,” Volume VII(1), 220–227.
Hartati, N., & Nurmina. (2017). Perilaku Plagiat Mahasiswa Antara Niat Dan Keterampilan Menulis. Jurnal RAP UNP, 8(2), 170–179.
Meldi, N. F., & T, A. Y. (2022). D Eskripsi K Ompetensi M Ahasiswa C Alon G Uru Pe Ndidikan. Madiun Spoor: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 14, 13–19.
Melisa, Maulia, S. T., & Nugraha, F. (2023). Mendeley Sebagai Upaya Menghindari Plagiarisme dan Peningkatan Kualitas Penulisan Karya Ilmiah Mahasiswa. Edu Sosial: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Jambi, 3(1), 84–93.
Napitupulu, D. (2020). Menghindari Praktek Plagiat : Kejahatan Akademik Terbesar.
Pranajaya. (2017). Analisis dan Pencegahan Plagiarisme di Kalangan Mahasiswa (Studi Kasus di Fakultas Teknologi Informasi Universitas Yarsi). Prosiding SNaPP2017Sosial, Ekonomi, Dan Humaniora, 21–29.
Pratiwi, R. A. (2019). Penerapan metode ceramah dan diskusi selama pembelajaran online.
Prihastini. (2023). Problematika dan Analisis Kecurangan untuk Menurunkan Similarity yang Tidak Terdeteksi oleh similarity tool. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 7(1), 27–34.
Risparyanto, A., & Irawati. (2020). Academic Library Roles in Preventing Plagiarism. Khizanah Al-Hikmah : Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, Dan Kearsipan, 8(2), 173–189. https://doi.org/10.24252/kah.v8i2a7
S, S. S., Gusty, S., Zainal, A., Alaydrus, A., Punggeti, R. N., & Bormasa, M. F. (2023). Pelatihan Penyusunan Artikel Ilmiah Berbantu Aplikasi Mendeley Dengan Tingkat Plagiasi Rendah. Community Development Journal, 4(2), 3805–3810.
Silalahi, E., & Silalahi, D. (2023). Penyuluhan Tentang Pencegahan Tindakan Plagiarisme Dalam Penulisan Tugas Akhir. KAIZEN : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(2), 41–47.
Yamin, M. I., Ghufron, M. A., Mufid, M., & Jadid, U. N. (2024). Pelatihan Manajemen Aplikasi Perplexity dalam Penyusunan Artikel Ilmiah Mahasiswa MPI Universitas Nurul Jadid. JNB : Jurnal Nusantara Berbakti, 2(1).
Zubaidah, E., & Rusadi, S. (2024). Berdaya : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Berdaya : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. SWARNA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 02(01), 31–36.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Salman, Uswatun Hasanah, Dila Handayani, Meutia Indriana, Muzakkir

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak Cipta dan Lisensi
Penulis yang mempublikasikan naskahnya melalui Jukeshum: Jurnal Pengabdian Masyarakat menyetujui beberapa hal berikut:
- Hak Cipta atas naskah-naskah karya ilmiah di dalam Jurnal ini dipegang oleh Penulis.
- Penulis menyerahkan hak saat pertama kali mempublikasi Naskah karya ilmiahnya dan secara bersamaan Penulis memberikan izin/lisensi dengan mengacu pada Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License kepada pihak lain untuk menyebarkan karya ilmiahnya tersebut dengan tetap mencantumkan penghargaan bagi penulis dan Jukeshum: Jurnal Pengabdian Masyarakat sebagai media Publikasi pertama atas karya tersebut.
- Hal-hal yang berkaitan dengan non-eksklusivitas pendistribusian Jurnal yang menerbitkan karya ilmiah penulis dapat diperjanjikan secara terpisah (contoh: permintaan untuk menempatkan karya yang dimaksud pada perpustakaan suatu institusi atau menerbitkannya sebagai buku) dengan Penulis sebagai salah satu pihak perjanjian dan dengan penghargaan pada Jukeshum: Jurnal Pengabdian Masyarakat sebagai media publikasi pertama atas karya dimaksud.
- Penulis dapat dan diharapkan untuk mengumumkan karyanya secara online (misalnya pada Repositori atau pada laman Organisai/Institusinya) sejak sebelum dan selama proses pengumpulan naskah, sebab upaya tersebut dapat meningkatkan pertukaran citasi lebih awal dan dengan cakupan yang lebih luas.