Pendidikan Kesehatan 4 Pilar Penatalaksanaan DM pada Penderita Diabetes Mellitus di Desa Manunggang Jae Kota Padangsidimpuan

Authors

  • Febrina Angraini simamora Universitas Aufa Royhan
  • Dina Mariana Manurung Universitas Aufa Royhan
  • Delfi Ramadhini Universitas Aufa Royhan

DOI:

https://doi.org/10.51771/jukeshum.v1i1.22

Keywords:

4 pilar diabetes mellitus, penatalaksanaan DM

Abstract

Diabetes Mellitus (DM) merupakan penyebab kematian keenam  di seluruh dunia, jumlah kasus diabetes mengalami peningkatan secara signifikan pada sepuluh tahun belakangan ini dan. akan berdampak terhadap  menurunnya angka harapan hidup, meningkatnya angka kesakitan, dan menurunnya kualitas hidup. DM merupakan penyakit yang tidak dapat disembuhkan, hanya bisa dikontrol dengan melakukan pengelolaan berdasarkan 4 pilar yaitu edukasi, manajemen diet, olahraga dan obat-obatan. Untuk meningkatkan pengendalian terhadap penyakit diabetes mellitus pada masyarakat perlu dilakukan pendidikan kesehatan. Dengan kegiatan pendidikan kesehatan, tingkat pengetahuan masyarakat penderita diabetes mellitus di desa Manunggang Jae mengalami peningkatan. Banyak tindakan penatalaksaan DM yang sebelumnya tidak dipahami peserta, namun setelah diadakannya pendidikan kesehatan tentang 4 pilar penatalaksanaan DM maka pseserta sudah merasa lebih mengerti. Diharapkan kegiatan-kegiatan pendidikan kesehatan terkait penyakit degeneratif yang banyak terjadi di masyarakat lebih sering dilakukan dan dapat bermanfaat bagi seluruh masyarakat di Desa Manunggang Jae.

.

 

 

References

Putra, I. W. A., & Berawi, K. (2015). 4 pilar Penatalaksanaan Pasien Diabetes Mellitus Tipe 2. Jurnal Majority, 4(9), 8-12.

Simamora, F. A., & Siregar, H. R. (2019). Efektivitas model pemberdayaan diri terhadap aktivitas perawatan diri klien diabetes mellitus tipe 2. Jurnal education and development, 7(4), 6-6.

Simamora, F. A., & Daulay, N. M. (2019). IBM Self Management (Manajemen Diet, Latihan Fisik, dan Perawatan Kaki) Pada Penderita Diabetes Mellitus di Puskesmas Labuhan Rasoki Kota Padangsidimpuan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA), 1(1), 1-4

Yunitasari, T., Yuniarti, Y., & Mintarsih, S. N. (2019). EFEKTIVITAS EDUKASI 4 PILAR PENATALAKSANAAN DIABETES MELLITUS TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PERILAKU PASIEN PROLANIS. JURNAL RISET GIZI, 7(2), 131-134.

Utomo, A. Y. S., Julianti, H. P., & Pramono, D. (2011). Hubungan antara 4 pilar pengelolaan diabetes mellitus dengan keberhasilan pengelolaan diabetes mellitus tipe 2 (Doctoral dissertation, Faculty of Medicine).

Rygg L, Steinsbekk A, Rise M.B, Lomundal B & Solberg H.S. (2012). Reasons for participation in group-based type 2 diabetes self-management education. a qualitative study. Scandinavian Journal of Public Helath. http://www.jrgscandinavi.org.

Surucu & Kizilci. (2010). Use of Orem’s self-care deficit nursing theory in the self-management education of patients with type 2: a case study. Bulletin luxembourgeois des questions socials

Downloads

Published

2021-01-30