Kampanye Media Kampus Sehat sebagai Inisiasi Health Promoting University di FKKMK UGM

Authors

  • Rina Agustini Universitas Gajah Mada
  • Aulia Zahro Novitasari Universitas Gadjah Mada
  • Dwi Rahmawaty Universitas Gadjah Mada
  • Nurhijrianti Akib Universitas Gadjah Mada

DOI:

https://doi.org/10.51771/jukeshum.v1i1.25

Keywords:

kampanye, kampus sehat, HPU, media, Salam Sehat

Abstract

Tujuan dari studi ini yaitu melihat gambaran dari kesadaran terhadap kampanye media SALAM Sehat, penilaian konten media SALAM Sehat, evaluasi formatif dan evaluasi proses dalam pelaksanaan kampanye media SALAM Sehat sebagai inisiasi dari Health Promoting University (HPU) di Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada (FKKMK UGM). Kampanye ini berfokus pada konsumsi buah dan sayur setiap hari, aktivitas fisik secara rutin, dan menjaga kesehatan mental yang dilakukan dari Bulan Juni – Oktober di mana ‘SALAM’ merupakan singkatan dari SAntap buah dan sayur setiap hari, LAkukan aktivitas fisik secara rutin, and Menjaga kesehatan mental. Metode yang digunakan dalam studi ini yaitu desain post test melalui cross sectional online survey untuk evaluasi kuantitatif dan menggunakan desain studi kasus melalui Focus Group Discussion untuk evaluasi kualitatif. Hasil studi ini yaitu kampanye telah dilakukan melalui penyebaran media online dan pemasangan media cetak yang dalam prosesnya bekerjasama dengan organisasi mahasiswa yang ada di FKKMK serta melibatkan partisipasi civitas akademika lainnya seperti Dekan FKKMK, Wakil Dekan FKKMK, dan Penanggung Jawab HPU UGM. Penyebaran media online berupa poster dan filler melalui akun dan grup organisasi. Pemasangan media cetak berupa Traffic Light Food Labelling di kantin, banner motivasi jalan kaki di kantong parkir, poster motivasi aktivitas fisik di tangga, dan stiker motivasi menggunakan tangga di lift. Sebagian besar responden memiliki kesadaran terhadap Kampanye Media SALAM Sehat. Pesan media SALAM Sehat dinilai telah memenuhi ketentuan elemen pesan. Kampanye ini membutuhkan pengembangan pesan yang konsisten, terintegrasi dengan kebijakan, pengadaan lingkungan, serta kerjasama yang lebih luas. Kampanye ini dinilai inovatif dengan melibatkan kerjasama antarorganisasi mahasiswa, namun terdapat kendala berupa koordinasi internal yang bergantung pada budaya organisasi.

References

Asian University Network-Health Promotion Network (AUN-HPN). (2017). AUN Healthy University Framework. ISBN: 978-616-443-047-1. AUN-Health Promotion Network, Mahidol University, Thailand.

Bauman, A., Smith, B. J., Maibach, E. W., & Reger-Nash, B. (2006). Evaluation of mass media campaigns for physical activity. Evaluation and Program Planning, 29(3), 312–322. https://doi.org/10.1016/j.evalprogplan.2005.12.004.

Coffman, J. (2002). Lessons in Evaluating Communications Campaigns. Harvard Family Research Project, (June), 45.

Cresswell, J.W. (2016). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Evans-lacko, S., Luciano, J. V, & Thornicroft, G. (2016). Impact of the mass media OBERTAMENT campaign on the levels of stigma among the population of Catalonia , Spain. European Psychiatry, 31, 44–51.

Fertman, Carl & Allenssworht, Diane. (2010). Health Promotion Programs From Theory to Practice. San Francisco : Jossey-Bass.

Freeman, B., Potente, S., Rock, V., & Mciver, J. (2015). Social media campaigns that make a difference : what can public health learn from the corporate sector and other social change marketers ?, 25(March), 1–8.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2016). Laporan Survei Indikator Kesehatan Nasional (Sirkesnas) 2016, (17).

Kite, J., Gale, J., Grunseit, A., Bellew, W., Li, V., Lloyd, B., … Bauman, A. (2018). Impact of the Make Healthy Normal mass media campaign (Phase 1) on knowledge, attitudes and behaviours: a cohort study. Australian and New Zealand Journal of Public Health, (Phase 1), 1–8. https://doi.org/10.1111/1753-6405.12779

Kite, J., Grunseit, A., Bohn-goldbaum, E., Bellew, B., Carroll, T., Kite, J., … Carroll, T. O. M. (2018). A Systematic Search and Review of Adult-Targeted Overweight and Obesity Prevention Mass Media Campaigns and Their Evaluation : 2000 – 2017 A Systematic Search and Review of Adult-Targeted Overweight and Obesity Prevention Mass Media Campaigns and Their Ev. Journal of Health Communication, 23(2), 207–232. https://doi.org/10.1080/10810730.2018.1423651

Knight, A., & Placa, V. La. (2013). International Journal of Health Healthy Universities : taking the University of Greenwich Healthy Universities Initiative forward, (February), 37–41.

Kurniadi, H., & Hizasalasi, M. (2017). Strategi Komunikasi Dalam Kampanye Diet Kantong Plastik Oleh Gidkp Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Riau, 6.

Mehri, A., Solhi, M., Garmaroudi, G., Nadrian, H., & Sighaldeh, S. S. (2016). Health promoting lifestyle and its determinants among university students in Sabzevar, Iran. International Journal of Preventive Medicine, 2016–April, 1–11. https://doi.org/10.4103/2008-7802.180411

Napolitano, M. A., Hayes, S., Bennett, G. G., Ives, A. K., & Foster, G. D. (2013). Using Facebook and Text Messaging to Deliver a Weight Loss Program to College Students, 21(1), 25–31. https://doi.org/10.1038/oby.2012.107.

Potter, Sharyn., Moynihan, Mary., Stapleton, Jane, et al., (2009). Empowering Bystanders to Prevent Campus Violence Against Women A Preliminary Evaluation of a Poster Campaign. Violence Against Women Volume 15 Number 1 January 2009 106-121.

Ramadhan, Muhammad., (2017). Perancangan Media Komunikasi Visual Pada Kampanye Sosial Donor Darah. e-Proceeding of Art & Design : Vol.4, No.3 Desember 2017.

Saryono & Anggraeni M.D. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Bidang Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Soh, Chin Thing. (2015). Smoke-Free Campus Policy And Smoking Behavior - Comparison Of 2003 and 2007 FM UGM Student Survey. Yogyakarta : Universitas Gadjah Mada

Stellarosa, Y., & Kurniasari, M. (2009). Pengaruh Pesan Kampanye Diet Sehat: Latar Belakang Masalah, 371–387.

Vickers, N. (2015). 2015 National Tobacco Campaign Research Evaluation Final Report. Department of Health – 2015 National Tobacco Campaign Evaluation, (September).

World Health Organization. (2012). A Comprehensive Global Monitoring Framework Including Indicators And A Set Of Voluntary Global Targets For The Prevention And Control Of Noncommunicabale Diseases Introduction, (September 2011), 1–23. Retrieved from http://www.who.int/nmh/events/2012/discussion_paper2_20120322. Pdf.

World Health Organization. (2017). Noncommunicable Diseases Progress monitor 2017.

Downloads

Published

2021-01-30