PENGUATAN KINERJA MELALUI PELATIHAN PRE DAN POST CONFERENCE PADA PERAWAT DI RSU FULL BETHESDA

Authors

  • Eva Kartika Hasibuan Sari Mutiara Indonesia University
  • Amila Amila Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Evarina Sembiring Universitas Sari Mutiara Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51771/jukeshum.v2i1.270

Keywords:

Kinerja, Pelatihan, Pra dan Pasca Konferensi, Perawat

Abstract

Pre conference merupakan diskusi tentang aspek klinik sebelum melaksanakan asuhan keperawatan pada pasien dan post conference yaitu diskusi tentang aspek klinik sesudah melaksanakan asuhan keperawatan pada pasien. Berdasarkan observasi dan wawancara penulis dengan perawat ruangan di RSU Full Bethesda, pelaksanaan pre dan post conference belum dilakukan secara optimal, jika hal ini dilakukan secara continue, maka akan berpengaruh pada asuhan keperawatan yang diberikan perawat dan akhirnya berdampak pada mutu pelayanan Rumah Sakit. Kegiatan ini bertujuan untuk menambah pengetahuan dan skill perawat dalam menerapkan pre dan post conference. Pelaksanaan metode kegiatan pertama sekali dengan penyampaian materi terkait bahan kajian yang perlu disampaikan setelah itu melaksanakan roleplay pre dan post conference yang dilaksankan selama 3 hari. Hasil yang didapatkan setelah dilakukan sosialisasi dan praktek menunjukkan 90 % perawat paham terkait penjelasan materi dan 95% perawat dapat mempraktekkan pre dan post conference

Author Biographies

Amila Amila, Universitas Sari Mutiara Indonesia

Keperawatan Medikal Bedah

Evarina Sembiring, Universitas Sari Mutiara Indonesia

Kesehatan Masyarakat

References

Dwi Permatasari. (2014). Efektifitas Post Conference Terhadap Operan Sift Diruang Rawat Inap RSUD Ungaran. Universitas Muhamadiyah Semarang

Endra Amalia, dkk. (2015). Hubungan Pra dan Pasca Konferensi Keperawatan Dengan Pelaksanaan Asuhan Keperawatan Di RSUD Dr. Achmad Mochtar Bukittinggi. STIKes Perintis Sumatera Barat

Keliat. (2002). Manajemen Keperawatan ‘Aplikasi MPKP di Rumah Sakit’. Buku Kedokteran. Jakarta : EGC

Notoatmodjo, S. (2012). Promosi kesehatan dan ilmu perilaku. Jakarta : Rineka Cipta

Nursalam. (2011). Manajemen Keperawatan ‘Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional’. Salemba Medika. Jakarta

Undang-Undang No.44. (2009). Tentang Rumah Sakit

Wawan & Dewi. (2018). Teori pengukuran pengetahuan, sikap dan perilaku manusia. Cetakan ke2.Yogyakarta :Nuhamedika

Widiastuti, M. M. S., Widodo, D., & Widiani, E. (2016). Pengaruh penerapan metode tim terhadap kepuasan kerja perawat di Unit Stroke Rumah Sakit Panti Waluya Sawahan Malang. Nursing News: Jurnal Ilmiah Keperawatan, 1(2).https://doi.org/10.33366/nn.v1i2.422

WHO. (2005). in small Nursing care of thesick : a guide for nurses working rural hospital. Jakarta : EGC

Downloads

Published

2022-01-31