Membangun Kiprah Wanita Wirausaha dalam Mewujudkan Ekonomi Mandiri Era Digital Di kabupaten Lombok Timur

Authors

  • Salmi Yuniar Bahri ITSKes Muhammadiyah Selong
  • Widya Hartati ITSKes Muhammadiyah Selong

DOI:

https://doi.org/10.51771/jukeshum.v3i1.422

Keywords:

Wanita, Wirausaha, Kemandirian Ekonomi, Era Digital

Abstract

Tujuan dan sasaran dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah sebagai pemberdayaan terhadap wanita agar bisa melakukan pergerakan berwirausaha di era serba digital dalam mewujudkan kemandirian ekonomi diri pribadi, keluarga serta dapat memberikan kontribusi bagi lingkungan sekitar berupa menciptakan lapangan pekerjaan. Kegiatan ini melibatkan sekelompok organisasi wanita yang bergabung dalam Gabungan Organisasi Wanita (GOW). Terselenggaranya pelatihan ini diharapkan peserta mampu dengan mudah berkiprah dalam dunia usaha dengan adanya motivasi dan pengetahuan mengenai arti penting peran seorang wanita yang tidak hanya sebagai ibu rumah tangga melepas harapan dan menggantungkan hidup hanya kepada suami tetapi dapat menjadi patner dalam mewujudkan cita-cita bersama. Target luaran yang diharapkan berupa adanya keyakinan, pengetahuan dan motivasi agar terciptanya pergerakan dalam berwirausaha dengan memanfaatkan teknologi.

References

CNN Indonesia. (2018). Mengubah Stigma Perempuan Masa Kini. Dikutip dari https://www.cnnindonesia.com/keluarga/20180201110007-436-273105/mengubah-stigmaperempuan-masa-kini

Handaru, A. W., Parimita, W., & Mufdhalifah, I. W. (2015). Membangun Intensi Berwirausaha Melalui Adversity Quotient, self efficacy dan need for achievement. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 17 (2), 155–166. Dikutip dari https://doi.org/10.9744/jmk.17.2.155

Waskito, J,. & Irmawati. (2017). Perbedaan Gender dan Sikap Terhadap Peran Pekerjaan Keluarga: Implikasinya pada Perkembangan Karir Wanita. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 11 (1), 68–86. Dikutip dari https://doi.org/https://doai.org/10.23917/benefit.v11i1.1261

Downloads

Published

2023-02-02