Strategi Pengembangan Kerajinan Anyaman Purun dalam Meningkatkan Pemasaran Pada Masa Pandemi di Desa Sementara
DOI:
https://doi.org/10.51771/jukeshum.v3i1.510Keywords:
Purun, Strategi, PemasaranAbstract
Purun dapat dijadikan suatu produk yang sangat menguntungkan, Salah satu desa yang menjadi pengrajin purun di Sumatera Utara yaitu, Desa Sementara, Kecamatan Pantai Cerminn, Kabupaten Serdang Bedagai. Ketiadaan media untuk mempromosikan produk UKM sebenarnya juga merupakan masalah yang dialami oleh pemberdayaan UKM diseluruh daerah di Indonesia. Untuk itu, diperlukan strategi khusus dalam upaya peningkatan daya saing dengan pemanfaatan teknologi informasi. Metodologi yang digunakan dengan survei ke desa Sementara dan membuat langsung produk purun variasi baru. Hal ini dilakukan agar para pengrajin purun lebih memahami secara jelas. Dengan banyaknya varian produk baru akan menarik peminat purun. Hasilnya, Ecommerce di Indonesia telah menjadi norma sosial yang berkembang dengan penggunaan platform online produk perawatan, kesehatan, produk makanan beku, produk kerajinan dll. Produk yang dihasilkan dari kegiatan ini di antaranya: alas meja, alas gelas, tas keranjang dan vas bunga.
References
Abdurrahman, S., & Turianto, D. (2018). Apabila Android Untuk Meningkatkan Pemasaran Kerajinan Anyaman Purun. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat MEDITEG, 3(1), 1-4, https://DOI.ORG/10.34128/MEDITEG.V3IL.32
Atzmaina, N. (2020). Analisis Strategi Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Masyarakat Pada Kerajinan Purun Al-Firdaus Borneo Banjarbaru (Doctoral dissertation, Universitas Islam Kalimantan MAB).
Ernawati,E., Hurryyati, R., & Dirgantari, P. D. (2021). Strategi pengembangan kerajinan anyaman Purun untuk meningkatkan daya saing. Jurnal Ekonomi Modernisasi, 17(1), 27-40. https://doi.org/10.21067/jem.vl7il.5215
Pertanian, I. (2020). Strategi Pengembangan Industri Kreatif untuk Inovasi. Jurnal Teknologi Industri Pertanian, 30(3), 290-298. https://doi.org/10.24961/j.tek.ind.pert.2020.30.3.290
Rahayu, D., Nuryadin, M.R., % Rakhmatullah, A. (2018). The Potency and the Strategy of Woven Craft Industry Development in Tapin Regency. Ecoplan, 1(1), 27-35.
Rofiqah Wahdah, & Amalia, H.S. (2016). Pengembangan Daya Saing Produk pada Sentra Kerajinan Purun di Kabupaten Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan. Jurnal Spread, 6(2), 89-99.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Feri Armando Hasibuan, Siti Mardiana, Indah Apriliya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak Cipta dan Lisensi
Penulis yang mempublikasikan naskahnya melalui Jukeshum: Jurnal Pengabdian Masyarakat menyetujui beberapa hal berikut:
- Hak Cipta atas naskah-naskah karya ilmiah di dalam Jurnal ini dipegang oleh Penulis.
- Penulis menyerahkan hak saat pertama kali mempublikasi Naskah karya ilmiahnya dan secara bersamaan Penulis memberikan izin/lisensi dengan mengacu pada Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License kepada pihak lain untuk menyebarkan karya ilmiahnya tersebut dengan tetap mencantumkan penghargaan bagi penulis dan Jukeshum: Jurnal Pengabdian Masyarakat sebagai media Publikasi pertama atas karya tersebut.
- Hal-hal yang berkaitan dengan non-eksklusivitas pendistribusian Jurnal yang menerbitkan karya ilmiah penulis dapat diperjanjikan secara terpisah (contoh: permintaan untuk menempatkan karya yang dimaksud pada perpustakaan suatu institusi atau menerbitkannya sebagai buku) dengan Penulis sebagai salah satu pihak perjanjian dan dengan penghargaan pada Jukeshum: Jurnal Pengabdian Masyarakat sebagai media publikasi pertama atas karya dimaksud.
- Penulis dapat dan diharapkan untuk mengumumkan karyanya secara online (misalnya pada Repositori atau pada laman Organisai/Institusinya) sejak sebelum dan selama proses pengumpulan naskah, sebab upaya tersebut dapat meningkatkan pertukaran citasi lebih awal dan dengan cakupan yang lebih luas.