Strategi Pengembangan Kerajinan Anyaman Purun dalam Meningkatkan Pemasaran Pada Masa Pandemi di Desa Sementara

Authors

  • Feri Armando Hasibuan Universitas Medan Area
  • Siti Mardiana
  • Indah Apriliya Universitas Medan Area

DOI:

https://doi.org/10.51771/jukeshum.v3i1.510

Keywords:

Purun, Strategi, Pemasaran

Abstract

Purun dapat dijadikan suatu produk yang sangat menguntungkan, Salah satu desa yang menjadi pengrajin purun di Sumatera Utara yaitu, Desa Sementara, Kecamatan Pantai Cerminn, Kabupaten Serdang Bedagai. Ketiadaan media untuk mempromosikan produk UKM sebenarnya juga merupakan masalah yang dialami oleh pemberdayaan UKM diseluruh daerah di Indonesia. Untuk itu, diperlukan strategi khusus dalam upaya peningkatan daya saing dengan pemanfaatan teknologi informasi. Metodologi yang digunakan dengan survei ke desa Sementara dan membuat langsung produk purun variasi baru. Hal ini dilakukan agar para pengrajin purun lebih memahami secara jelas. Dengan banyaknya varian produk baru akan menarik peminat purun. Hasilnya, Ecommerce di Indonesia telah menjadi norma sosial yang berkembang dengan penggunaan platform online produk perawatan, kesehatan, produk makanan beku, produk kerajinan dll. Produk yang dihasilkan dari kegiatan ini di antaranya: alas meja, alas gelas, tas keranjang dan vas bunga.

References

Abdurrahman, S., & Turianto, D. (2018). Apabila Android Untuk Meningkatkan Pemasaran Kerajinan Anyaman Purun. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat MEDITEG, 3(1), 1-4, https://DOI.ORG/10.34128/MEDITEG.V3IL.32

Atzmaina, N. (2020). Analisis Strategi Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Masyarakat Pada Kerajinan Purun Al-Firdaus Borneo Banjarbaru (Doctoral dissertation, Universitas Islam Kalimantan MAB).

Ernawati,E., Hurryyati, R., & Dirgantari, P. D. (2021). Strategi pengembangan kerajinan anyaman Purun untuk meningkatkan daya saing. Jurnal Ekonomi Modernisasi, 17(1), 27-40. https://doi.org/10.21067/jem.vl7il.5215

Pertanian, I. (2020). Strategi Pengembangan Industri Kreatif untuk Inovasi. Jurnal Teknologi Industri Pertanian, 30(3), 290-298. https://doi.org/10.24961/j.tek.ind.pert.2020.30.3.290

Rahayu, D., Nuryadin, M.R., % Rakhmatullah, A. (2018). The Potency and the Strategy of Woven Craft Industry Development in Tapin Regency. Ecoplan, 1(1), 27-35.

Rofiqah Wahdah, & Amalia, H.S. (2016). Pengembangan Daya Saing Produk pada Sentra Kerajinan Purun di Kabupaten Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan. Jurnal Spread, 6(2), 89-99.

Downloads

Published

2023-02-13