Penyuluhan Kesehatan Tentang KB IUD pada Wanita Usia Subur (WUS) di Kelurahan Tanah Merah Lingkungan V Kecamatan Binjai Selatan

Authors

  • Rizki Noviyanti Harahap STIKes Guna Bangsa Yogyakarta
  • Siswanto Pabidang STIKes Guna Bangsa Yogyakarta
  • Eka Vicky Yulivantina STIKes Guna Bangsa Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.51771/jukeshum.v3i1.515

Keywords:

Penyuluhan, Kontrasepsi IUD, Wanita Usia Subur

Abstract

Kualitas generasi dimasa datang ditentukan oleh kualitas keluarganya saat ini. Karena itu, upaya mewujudkan keluarga berkualitas harus dimulai sejak perencanaan keluarga. Alat kontrasepsi intrauterine device (IUD) sangat efektif untuk mencegah kehamilan dibandingkan dengan metode kontrasepsi lainnya seperti suntikan, pil dan implan. IUD dapat mencegah kehamilan sampai 10 tahun dengan tingkat kegagalan yang sangat kecil yaitu sekitar 1%. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat tentang Penyuluhan Kesehatan Tentang alat kontrasepsi IUD Pada Wanita Usia Subur (WUS) Di Kelurahan Tanah Merah Lingkungan V Kecamatan Binjai Selatan telah dilaksanakan pada hari selasa, 14 Juni 2022 yang diikuti oleh 53 orang Wanita usia subur. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan dengan beberapa tahapan, yaitu: presentasi materi tentang alat kontrasepsi IUD pada Wanita usia subur, pembagian leaflet, dan diskusi serta tanya jawab dari peserta yang belum paham mengenai alat kontrasepsi jangka panjang. Kegiatan pengabdian ini berhasil memberikan pemahaman kepada ibu khususnya Wanita usia subur tentang mamfaat pemakaian alat kontrasepsi IUD.

References

Agustina, L. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Minat Akseptor KK Untuk Menggunakan KB IUD di Dusun Sayang Desa Mokong Kecamatankecamatan Moyo Hulu. Jurnal Kesehatan Dan Sains, 3(2), 10–13.

BKKBN. 2017. Informasi Pelayanan Kontrasepsi Keluarga Berencana. Jakarta. Dirjen KB.

BKKBN, & Kemenkes. 2017. Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia Kesehatan Reproduksi Remaja. Jakarta.

Henniwati. (2020). Pengaruh konseling terhadap minat pasangan usia subur dalam pemilihan alat kontrasepsi iud dan implant. Jurnal Kebidanan.

Dyah. 2011. Panduan Lengkap Pelayanan Terkini. Nuha Medika. Yogyakarta.

Hartini, L. (2019). Hubungan Pendidikan Dan Pekerjaan Ibu Dengan Pemakaian Alat Kontrasepsi Dalam Rahim (AKDR). Jurnal Kesmas Asclepius (JKA), 1(2), 126–135.

Notodihardjo. 2002. Reproduksi, Kontrasepsi dan Keluarga Berencana. Yogyakarta. Kanisius. Proverawati, A. dkk. 2013. Panduan Memilih Kontrasepsi. Yogyakarta: Nuha Medika.

Rosa, 2012. Mirena IUD, Definisi, Cara kerja, Kontraindikasi, Efek samping, sumber: http://www.id.shvoong.com/medicine-and - health / gynecology / 2296924 - mirena - iud –definisi -cara- kerja. Diakses tanggal 15 Juni 2022.

Sujayatini dan Arum. 2012. Panduan Lengkap Pelayanan KB Terkini. Yogyakarta. Nuha Medika.

Utami, W. T., Hidayah, W., & Dika P. (2011). Hubungan Pengetahuan Akseptor KB tentang IUD dengan Penggunaan KB IUD. E-Journal STIKES Rajekwesi Bojonegoro.

Wawan & Dewi. Teori Pengukuran Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Manusia. Nuha Medika. Yogyakarta, 2012.

Downloads

Published

2023-05-26