Sosialisasi Penggunaan Media Sosial Berdasarkan Nilai – Nilai Pancasila Bagi Remaja di SMK Negeri 1 Kefamenanu

Authors

  • Yanuarius Sani Feka Universitas Timor
  • Fransiskus Markus Pareto Keraf Univerisitas Timor
  • Finsensius Oetpah Universitas Timor
  • Leonard Peter Gelu Universitas Timor
  • Nurlailah Nurlailah Universitas Timor

DOI:

https://doi.org/10.51771/jukeshum.v3i2.542

Keywords:

Pancasila, Media Sosial, Remaja

Abstract

Media sosial merangkap fungsi sebagai sarana penyampaian informasi yang lebih banyak digunakan dan mudah diakses oleh berbagai macam tingkat kalangan masyarakat bagi masyarakat Indonesia saat ini. Tingkat penggunaan media sosial tertinggi untuk keperluan pertemanan dan akses informasi. Hal tersebut dilihat dari pilihan masyarakat dalam penggunaan aplikasi seperti Instagram, Facebook, Twiter, Path, WhatsUpp dan lainnya. Kemajuan teknologi di waktu sekarang menjadi trend adalah berbagi foto, informasi, curahan perasaan dan lain sebagainya lewat media sosial harus menjadi kesadaran pribadi setiap pengguna dalam meperhatikan nilai dan etika.  Tujuannya dari sosialisasi ini semakin memahami ketika menggunakan media sosial menghindari Bahasa kasar, Bahasa provokatif, Sara atau Pornografi, status atau artikel yang dianggap hoax. Kesadaran membangun kebiasaan dalam berinterkasi di media sosial menggunakan etika berasaskan nilai – nilai Pancasila. Tim pengabdian melaksanakan sosialisasi di SMK Negeri 1 Kefamenau dengan meberikan teori dan simulasi atau praktek penggunaan bermedia sosial berlandaskan nilai – nilai Pancasila. Metode yang digunakan ceramah, diskusi tanya jawab, dan simulasi/praktik. Siswa – siswi dan guru SMK Negeri 1 Kefananu menyampaikan terima kasih atas kesempatan dari Tim pengabdian, karena sosialisasi ini memberikan pengetahuan, kemampuan dan kesadaran dalam menggunakan media sosial dengan beretika sesuai nilai – nilai Pancasila.

References

Abu Bakar Fahmi. 2011. Mencerna Situs Jejaring Sosial. Jakarta : Elex Media Komputindo.

Antari, L. P. S.& De Liska, L. (2020). Implementas i Nilai Nilai Pancasila Dalam Penguatan Karakter Bangsa. Widyadari: Jurnal Pendidikan , 21(2), 676 - 687.

Bunyamin. Maftuh (2008). Internalisasi Pancasila dan Nilai – Nilai Nasionalisme Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Educationist 2 (2), 135 -166.

Bungin, B. (2006) Sosiologi Komonikasi: Teori, Paradigma dan Diskursus Teknologi Komonikasi di Masyarakat. Jakarta : Kencana

Dewi, R. (2009). Pengguna Internet Indonesia Didominasi Remaja. Franz magnis

Suseno. 1993. Etika dasar. Jakarta : Pustaka Filsafat.

Haryatmoko. 2007. Etika Komunikasi; Manipulasi Media, Kekerasan, dan Pornografi. Yogyakarta: Kanisius.

Muna, R.F., & Astuti, T.P. (2014). Hubungan antara kontrol diri dengan kecenderungan kecanduan media sosial pada remaja akhir. Empati-E Journal UNDIP, 3(4), 1–9. Retrieved from https://ejournal3.undip.ac.id.

Mulawarman, & Nur tri, A.D. (2017). Perilaku pengguna media sosial beserta implikasinya ditinjau dari perspektif psikologi sosial terapan. Buletin Psikologi, 25(1), 36– 44. https://doi.org/10.22146/buletinpsikol ogi.22759.

Downloads

Published

2023-08-11