Sosialisasi Penggunaan Media Sosial Berdasarkan Nilai – Nilai Pancasila Bagi Remaja di SMK Negeri 1 Kefamenanu
DOI:
https://doi.org/10.51771/jukeshum.v3i2.542Keywords:
Pancasila, Media Sosial, RemajaAbstract
Media sosial merangkap fungsi sebagai sarana penyampaian informasi yang lebih banyak digunakan dan mudah diakses oleh berbagai macam tingkat kalangan masyarakat bagi masyarakat Indonesia saat ini. Tingkat penggunaan media sosial tertinggi untuk keperluan pertemanan dan akses informasi. Hal tersebut dilihat dari pilihan masyarakat dalam penggunaan aplikasi seperti Instagram, Facebook, Twiter, Path, WhatsUpp dan lainnya. Kemajuan teknologi di waktu sekarang menjadi trend adalah berbagi foto, informasi, curahan perasaan dan lain sebagainya lewat media sosial harus menjadi kesadaran pribadi setiap pengguna dalam meperhatikan nilai dan etika. Tujuannya dari sosialisasi ini semakin memahami ketika menggunakan media sosial menghindari Bahasa kasar, Bahasa provokatif, Sara atau Pornografi, status atau artikel yang dianggap hoax. Kesadaran membangun kebiasaan dalam berinterkasi di media sosial menggunakan etika berasaskan nilai – nilai Pancasila. Tim pengabdian melaksanakan sosialisasi di SMK Negeri 1 Kefamenau dengan meberikan teori dan simulasi atau praktek penggunaan bermedia sosial berlandaskan nilai – nilai Pancasila. Metode yang digunakan ceramah, diskusi tanya jawab, dan simulasi/praktik. Siswa – siswi dan guru SMK Negeri 1 Kefananu menyampaikan terima kasih atas kesempatan dari Tim pengabdian, karena sosialisasi ini memberikan pengetahuan, kemampuan dan kesadaran dalam menggunakan media sosial dengan beretika sesuai nilai – nilai Pancasila.
References
Abu Bakar Fahmi. 2011. Mencerna Situs Jejaring Sosial. Jakarta : Elex Media Komputindo.
Antari, L. P. S.& De Liska, L. (2020). Implementas i Nilai Nilai Pancasila Dalam Penguatan Karakter Bangsa. Widyadari: Jurnal Pendidikan , 21(2), 676 - 687.
Bunyamin. Maftuh (2008). Internalisasi Pancasila dan Nilai – Nilai Nasionalisme Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Educationist 2 (2), 135 -166.
Bungin, B. (2006) Sosiologi Komonikasi: Teori, Paradigma dan Diskursus Teknologi Komonikasi di Masyarakat. Jakarta : Kencana
Dewi, R. (2009). Pengguna Internet Indonesia Didominasi Remaja. Franz magnis
Suseno. 1993. Etika dasar. Jakarta : Pustaka Filsafat.
Haryatmoko. 2007. Etika Komunikasi; Manipulasi Media, Kekerasan, dan Pornografi. Yogyakarta: Kanisius.
Muna, R.F., & Astuti, T.P. (2014). Hubungan antara kontrol diri dengan kecenderungan kecanduan media sosial pada remaja akhir. Empati-E Journal UNDIP, 3(4), 1–9. Retrieved from https://ejournal3.undip.ac.id.
Mulawarman, & Nur tri, A.D. (2017). Perilaku pengguna media sosial beserta implikasinya ditinjau dari perspektif psikologi sosial terapan. Buletin Psikologi, 25(1), 36– 44. https://doi.org/10.22146/buletinpsikol ogi.22759.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Yanuarius Sani Feka, Fransiskus Markus Pareto Keraf, Finsensius Oetpah, Nurlailah Nurlailah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak Cipta dan Lisensi
Penulis yang mempublikasikan naskahnya melalui Jukeshum: Jurnal Pengabdian Masyarakat menyetujui beberapa hal berikut:
- Hak Cipta atas naskah-naskah karya ilmiah di dalam Jurnal ini dipegang oleh Penulis.
- Penulis menyerahkan hak saat pertama kali mempublikasi Naskah karya ilmiahnya dan secara bersamaan Penulis memberikan izin/lisensi dengan mengacu pada Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License kepada pihak lain untuk menyebarkan karya ilmiahnya tersebut dengan tetap mencantumkan penghargaan bagi penulis dan Jukeshum: Jurnal Pengabdian Masyarakat sebagai media Publikasi pertama atas karya tersebut.
- Hal-hal yang berkaitan dengan non-eksklusivitas pendistribusian Jurnal yang menerbitkan karya ilmiah penulis dapat diperjanjikan secara terpisah (contoh: permintaan untuk menempatkan karya yang dimaksud pada perpustakaan suatu institusi atau menerbitkannya sebagai buku) dengan Penulis sebagai salah satu pihak perjanjian dan dengan penghargaan pada Jukeshum: Jurnal Pengabdian Masyarakat sebagai media publikasi pertama atas karya dimaksud.
- Penulis dapat dan diharapkan untuk mengumumkan karyanya secara online (misalnya pada Repositori atau pada laman Organisai/Institusinya) sejak sebelum dan selama proses pengumpulan naskah, sebab upaya tersebut dapat meningkatkan pertukaran citasi lebih awal dan dengan cakupan yang lebih luas.