Sosialisasi Manajemen Media Sosial dan Fotografi di Bendhung Lepen

Authors

  • Rr. Pramesthi Ratnaningtyas Universitas Amikom Yogyakarta
  • Muhammad Fauzi Universitas Amikom Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.51771/jukeshum.v3i2.546

Keywords:

Fotografi, Sosial Media, Pengabdian Masyarakat

Abstract

Pengabdian masyarakat ini mengulas kendala Bendhung Lepen dalam pengelolaan promosi dan informasi yang disampaikan dalam instagram. Selain itu, tidak adanya manajemen sosial media, berdampak pada tidak tersedia jadwal yang tertata untuk mengunggah konten atau feed, desain feed, konten, foto, maupun video. Kegiatan dilakukan bersama dengan mahasiswa tersebut, dibagi menjadi beberapa divisi dengan tahapan pelaksanaan meliputi pra pelaksanaan, pelaksanaan dan pasca pelaksanaan. Pelaksanaan kegiatan berupa sosialisasi manajemen promosi sosial media, fotografi dengan narasumber Bayu Pamungkas dari Migunani Creative. Sosialisasi yang dilaksanakan pada tanggal 3 Desember 2022, merupakan upaya untuk mengajak masyarakat sekitar agar bisa lebih membangkitkan atau mengembangkan kualitas konten. Selanjutnya, dapat mengelola media sosial sebagai media promosi di era digital. Selain itu, juga membantu mendokumentasikan kegiatan di Bendhung Lepen seperti, bank sampah dan serah terima program BUMN. Suasana atau keadaan di seputaran lingkungan juga didokumentasikan sebagai arsip mitra. Pada kegiatan tersebut, tim juga membuatkan twibbon sebagai template unggah foto, serta video profile berjudul Profil Desa Wisata Bendhug Lepen. Video profile tersebut sudah memiliki Hak Kekayaan Intelektual (HKI) yang terdaftar di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual. Kegiatan serupa dapat terus diselenggarakan secara berkesinambungan, seiring perubahan dinamika wisatawan atau kunjungan ke lokasi.

References

Augustinah, F., & Widayati. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Makanan Ringan Kripik Singkong di Kabupaten Sampang. Jurnal Dialektika, 4(2), 1–20.

Dharsito, W. (2016). Dasar Fotografi Digital 3 : Menguasai Exsposure. PT Elex Media Komputindo.

Gumilar, G. (2015). Pemanfaatan Instagram Sebagai Sarana Promosi oleh Pengelola Industri Kreatif Fashion di Kota Bandung. Jurnal Ilmu Politik Dan Komunikasi, V(2), 77–84. https://doi.org/10.34010/JIPSI.V5I2.228

Muadz. (2022). Membingkai Momen dengan Kamera. Unisri Press.

Nurwahyuni, I. L., Cahyani, L. I., & Fitriana, N. (2021). Peran Komunitas Bendhung Lepen dalam Membangun Karakter Peduli Lingkungan di Desa Mrican, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta. Jurnal Empati, 10(06), 436–446.

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi (Studi Deskriptif pada Happy Go Lucky House). Jurnal Common, 3(1), 71–80.

Revell, J. (2013). Exposure : Dari Foto Biasa Jadi Luar Biasa. PT Elex Media Komputindo.

Sadono, S. (2015). Serial Fotomaster : Komposisi Foto. PT Elex Media Komputindo.

Sudarti, S., & Triyono, M. B. (2022). Strategic Management of Local Potential-Based Entrepreneurship Through Community Empowerment on Fish Attractions Bendhung Lepen in Mrican Village Yogyakarta. Journal of Community Service and Empowerment, 3(3), 132–141. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jcse.v3i3.20230

Sutanto, D. H., & H, E. S. (2016). Pentingnya Promosi Guna Meningkatkan Minat Wisatawan Wisata Sejarah di Kota Lama Semarang. Jurnal Pesona, 18(01), 1–17. https://doi.org/https://doi.org/10.26905/jpp.v1i1.372

Downloads

Published

2023-08-08