Upaya Peningkatan Mahasiswa Baru Melalui Sosialisasi Prodi Ekonomi dan Peluang Kerjanya Pada Siswa SMA
DOI:
https://doi.org/10.51771/jukeshum.v3i2.548Keywords:
Mahasiswa Baru, Sosialisasi Prodi Ekonomi, Peluang Kerjanya, Siswa SMAAbstract
Perkembangan zaman yang semakin modern ditandai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Seiring dengan perubahan ini, kebutuhan dasar manusia juga semakin bertambah, termasuk kebutuhan akan pelayanan pendidikan yang dianggap penting dalam menunjang aktivitas sehari-hari. Pendidikan dijadikan prioritas terpenting pada periode saat ini karena memiliki manfaat jangka panjang dalam berbagai aspek kehidupan, seperti meningkatkan karir seseorang di dunia kerja profesional dan memberikan investasi untuk masa depan. Oleh karena itu, perguruan tinggi sebagai satuan pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan tinggi memiliki peranan penting dalam menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dan mampu merespon perubahan-perubahan global yang begitu cepat. Saat ini, banyak perguruan tinggi yang menawarkan berbagai program studi, sehingga masyarakat dihadapkan pada berbagai pilihan dan permasalahan yang harus dipertimbangkan. Pelaksanaan kegiatan pengabdian pada masyarakat tentang sosialisasi program studi pendidikan ekonomi dan prospek kerja setelah lulus dari STKIP Persada Khatulisitiwa Sintang dilakukan dengan menggunakan pendekatan partisipatif dan kolaboratif. Tahapan kegiatannya yaitu Tahap identifikasi masalah, Implementasi dan Evaluasi. Kegiatan pengabdian masyarakat dilaksanakan di SMA Negeri 1 Belitang Hilir. Kesimpulan yang dapat diambil dari kegiatan pengabdian ini adalah bahwa sosialisasi prodi ekonomi dan peluang kerjanya dapat meningkatkan minat dan partisipasi siswa SMA dalam mengikuti program studi tersebut. Siswa juga menjadi lebih memahami jenis pekerjaan yang dapat diperoleh setelah lulus, keterampilan yang dibutuhkan, dan prospek karir di masa depan.
References
Abror, Abd Rachman. 2015. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Nur Cahaya.
Muhibin. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Mulianto Fery. 2013. Pengaruh Pengetahuan Peluang Kerja Terhadap Keputusan Memilih Jurusan Siswa SMK LKIA Pontianak. JPPK: Journal of Equatorial Education and Learning
Ruslan, Dede, and Evi Situngkir. "Pengaruh Brand Image Dan Persepsi Biaya Pendidikan Terhadap Minat Melanjutkan Studi Pada Prodi Pendidikan Ekonomi Unimed Siswa Kelas Xi Ips Sma Negeri 1 Kabanjahe Tahun Ajaran 2018/2019." Jurnal Ekodik: Ekonomi Pendidikan 7.1 (2019): 19-30.
Indriyanti, Ninuk, and Elvia Ivada. "Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Minat Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas Xii Akuntansi Smk Negeri 6 Surakarta Tahun 2013." Jupe-Jurnal Pendidikan Ekonomi 1.2 (2013).
Santoso, Jarot Tri Bowo. "Faktor Faktor yang Mempengaruhi Siswa SMP N di Kota Semarang Memilih SMK." Dinamika Pendidikan 9.1 (2014).
Sinambela, Lijan Poltak. "Profesionalisme dosen dan kualitas pendidikan tinggi." Populis: Jurnal Sosial Dan Humaniora 2.2 (2017): 579-596.
Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet.
Syofyan, Harlinda, et al. "Program Pengabdian Kepada Masyarakat." Digilib. Esaunggul. Ac. Id (2020): 1-20.
Walgito, Bimo. 2014. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Widi, Rudini. 2013. Minat Memilih Program Studi Pendidikan Akuntansi Ditinjau dari Akreditasi Program Studi dan Peluang Kerja pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2013. UMS. Skripsi. FKIP UMS.Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV. Alfabeta. Syah, Muhibin. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Munawar Thoharudin, Anna Marganingsih, Emilia Dewiwati Pelipa, Yopinus Bobi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak Cipta dan Lisensi
Penulis yang mempublikasikan naskahnya melalui Jukeshum: Jurnal Pengabdian Masyarakat menyetujui beberapa hal berikut:
- Hak Cipta atas naskah-naskah karya ilmiah di dalam Jurnal ini dipegang oleh Penulis.
- Penulis menyerahkan hak saat pertama kali mempublikasi Naskah karya ilmiahnya dan secara bersamaan Penulis memberikan izin/lisensi dengan mengacu pada Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License kepada pihak lain untuk menyebarkan karya ilmiahnya tersebut dengan tetap mencantumkan penghargaan bagi penulis dan Jukeshum: Jurnal Pengabdian Masyarakat sebagai media Publikasi pertama atas karya tersebut.
- Hal-hal yang berkaitan dengan non-eksklusivitas pendistribusian Jurnal yang menerbitkan karya ilmiah penulis dapat diperjanjikan secara terpisah (contoh: permintaan untuk menempatkan karya yang dimaksud pada perpustakaan suatu institusi atau menerbitkannya sebagai buku) dengan Penulis sebagai salah satu pihak perjanjian dan dengan penghargaan pada Jukeshum: Jurnal Pengabdian Masyarakat sebagai media publikasi pertama atas karya dimaksud.
- Penulis dapat dan diharapkan untuk mengumumkan karyanya secara online (misalnya pada Repositori atau pada laman Organisai/Institusinya) sejak sebelum dan selama proses pengumpulan naskah, sebab upaya tersebut dapat meningkatkan pertukaran citasi lebih awal dan dengan cakupan yang lebih luas.