Upaya Peningkatan Mahasiswa Baru Melalui Sosialisasi Prodi Ekonomi dan Peluang Kerjanya Pada Siswa SMA

Authors

  • Munawar Thoharudin STKIP Persada Khatulistiwa
  • Anna Marganingsih STKIP Persada Khatulistiwa
  • Emilia Dewiwati Pelipa STKIP Persada Khatulistiwa
  • Yopinus Bobi STKIP Persada Khatulistiwa

DOI:

https://doi.org/10.51771/jukeshum.v3i2.548

Keywords:

Mahasiswa Baru, Sosialisasi Prodi Ekonomi, Peluang Kerjanya, Siswa SMA

Abstract

Perkembangan zaman yang semakin modern ditandai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Seiring dengan perubahan ini, kebutuhan dasar manusia juga semakin bertambah, termasuk kebutuhan akan pelayanan pendidikan yang dianggap penting dalam menunjang aktivitas sehari-hari. Pendidikan dijadikan prioritas terpenting pada periode saat ini karena memiliki manfaat jangka panjang dalam berbagai aspek kehidupan, seperti meningkatkan karir seseorang di dunia kerja profesional dan memberikan investasi untuk masa depan. Oleh karena itu, perguruan tinggi sebagai satuan pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan tinggi memiliki peranan penting dalam menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dan mampu merespon perubahan-perubahan global yang begitu cepat. Saat ini, banyak perguruan tinggi yang menawarkan berbagai program studi, sehingga masyarakat dihadapkan pada berbagai pilihan dan permasalahan yang harus dipertimbangkan. Pelaksanaan kegiatan pengabdian pada masyarakat tentang sosialisasi program studi pendidikan ekonomi dan prospek kerja setelah lulus dari STKIP Persada Khatulisitiwa Sintang dilakukan dengan menggunakan pendekatan partisipatif dan kolaboratif. Tahapan kegiatannya yaitu Tahap identifikasi masalah, Implementasi dan Evaluasi. Kegiatan pengabdian masyarakat dilaksanakan di SMA Negeri 1 Belitang Hilir. Kesimpulan yang dapat diambil dari kegiatan pengabdian ini adalah bahwa sosialisasi prodi ekonomi dan peluang kerjanya dapat meningkatkan minat dan partisipasi siswa SMA dalam mengikuti program studi tersebut. Siswa juga menjadi lebih memahami jenis pekerjaan yang dapat diperoleh setelah lulus, keterampilan yang dibutuhkan, dan prospek karir di masa depan.

References

Abror, Abd Rachman. 2015. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Nur Cahaya.

Muhibin. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Mulianto Fery. 2013. Pengaruh Pengetahuan Peluang Kerja Terhadap Keputusan Memilih Jurusan Siswa SMK LKIA Pontianak. JPPK: Journal of Equatorial Education and Learning

Ruslan, Dede, and Evi Situngkir. "Pengaruh Brand Image Dan Persepsi Biaya Pendidikan Terhadap Minat Melanjutkan Studi Pada Prodi Pendidikan Ekonomi Unimed Siswa Kelas Xi Ips Sma Negeri 1 Kabanjahe Tahun Ajaran 2018/2019." Jurnal Ekodik: Ekonomi Pendidikan 7.1 (2019): 19-30.

Indriyanti, Ninuk, and Elvia Ivada. "Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Minat Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas Xii Akuntansi Smk Negeri 6 Surakarta Tahun 2013." Jupe-Jurnal Pendidikan Ekonomi 1.2 (2013).

Santoso, Jarot Tri Bowo. "Faktor Faktor yang Mempengaruhi Siswa SMP N di Kota Semarang Memilih SMK." Dinamika Pendidikan 9.1 (2014).

Sinambela, Lijan Poltak. "Profesionalisme dosen dan kualitas pendidikan tinggi." Populis: Jurnal Sosial Dan Humaniora 2.2 (2017): 579-596.

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet.

Syofyan, Harlinda, et al. "Program Pengabdian Kepada Masyarakat." Digilib. Esaunggul. Ac. Id (2020): 1-20.

Walgito, Bimo. 2014. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Widi, Rudini. 2013. Minat Memilih Program Studi Pendidikan Akuntansi Ditinjau dari Akreditasi Program Studi dan Peluang Kerja pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2013. UMS. Skripsi. FKIP UMS.Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV. Alfabeta. Syah, Muhibin. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2023-08-08