Pelatihan Membuat Media Pembelajaran Berbantuan Geogebra Untuk Mengembangkan Kreativitas Guru TK YP Tridaya Mandiri
DOI:
https://doi.org/10.51771/jukeshum.v3i2.595Keywords:
Pelatihan, Media Pembelajaran, Geogebra, Mengembangkan KreativitasAbstract
Kreativitas adalah kemampuan untuk mempergunakan imajenasi dari berbagai kemungkinan yang diperoleh dari interaksi dan ide atau gagasan orang lain untuk membuat koneksi dan mendapatkan hasil baru dan bermakna. Kreativitas sangat penting, guru tanpa kreativitas pembelajaran di kelas akan terlihat monoton dan kurang bermakna. Oleh karena itu guru perlu mengembangkan daya kreativitas pada saat membuat media pembelajaran. Pelatihan membuat media pembelajaran berbantuan GeoGebra guru TK YP Tridaya Mandiri bertujuan memberikan motivasi dan arahan membuat media pembelajaran. Diberikan tutorial praktek langsung membuat animasi gerak berupa aktivitas yang menarik bagi anak usia dini. Dengan ketertarikan anak menjadi daya ingat dan sebagai informasi baru yang berguna untuk mengetahui seberapa jauh logika matematis anak terhadap gambar-gambar yang ada hubungannya dengan bentuk bentuk geometri. Setelah diberikan pelatihan selama satu hari dalam bentuk workshop kepada guru TK YP Tridaya Mandiri dan dilakukan evaluasi dengan tugas membuat animasi sesuai ide peserta pelatihan maka diperoleh hasil kreativitas guru sangat signfikan. Berdasarkan hasil angket yang dibagi kepada peserta pelatihan dan observasi pada saat proses pelatihan diperoleh gambaran tentang motivasi dan antusias peserta pelatihan sangat baik.
References
Ibrahim, M., & Ahsan, M. (2023). Efektivitas metode pembelajaran demonstrasi berbantuan geogebra dalam meningkatkan kemampuaan kognitif siswa. 2(1), 39–52.
Juannita, E., & Mahyuddin, N. (2022). Video Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif dalam Meningkatkan Keterampilan Menyimak Anak Usia Dini. 6(4), 3300–3313. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2198
Myori, D. E., Hidayat, R., Eliza, F., & Fadli, R. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi melalui Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android. 5(2), 102–109.
Novebri, N. (2021). Kreativitas Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Smkn 2 Pariaman. PRODU: Prokurasi Edukasi Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 147–157. https://doi.org/10.15548/p-prokurasi.v2i2.2593
Pentury, H. J. (2017). Pengembangan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Kreatif Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Ilmu Kependidikan, 4(3), 265–272.
Putra, W. (2022). Mutu Pendidikan dalam Penguatan Kreativitas Anak Prasekolah. Ta’dib, 11(2), 59–67. https://doi.org/10.54604/tdb.v11i2.43
Semarang, U. T., & Kudus, U. M. (2020). PENGEMBANGAN E-COMIC SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN Info Artikel Abstrak. 10.
Situmorang, S. M. S., Rustaman, N. Y., & Purwianingsih, W. (2020). LEVELS OF INQUIRY PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MELALUI ASESMEN KINERJA IDENTIFICATION OF HIGH SCHOOL STUDENTS ’ CREATIVITY IN LEVELS OF INQUIRY LEARNING ON RESPIRATORY SYSTEM MATERIAL. 4, 35–43.
Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2019). IMPLEMENTASI MEDIA VISUAL DAN AUDIOVISUAL TERHADAP PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4 . 0. 2(1).
Suparliadi, S. (2022). Pengaruh Pendidikan Dan Latihan (Diklat) Terhadap Kinerja Guru Di Smp Negeri 1 Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang. Pionir: Jurnal Pendidikan, 11(1). https://doi.org/10.22373/pjp.v11i1.13088
Sutisna, U., & Elkarimah, M. F. (2021). Pendampingan Pengembangan Keterampilan Guru Sekolah Dasar dalam Soal Evaluasi Pembelajaran dengan Teka-teki Silang Berbasis Smartphone. 2(1), 15–25. https://doi.org/10.29408/ab.v2i1.3249
Waluyo, L., Pantiwati, Y., Malang, M., Raya, J., No, T., & Java, E. (2022). Pelatihan dan Pendampingan Penelitian dan Publikasi Ilmiah untuk Guru Anggota MGMP IPA Kota Malang Training and Assistance for Research and Scientific Publications for Teachers of MGMP Science in Junior High School Malang. 4(2), 241–248.
Y. 9. Lestari E.K. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Refika Aditama.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rusmini Rusmini, Fitrah Sari Harahap, Muhammad Wahyu Pratama, M. Haidil Umam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak Cipta dan Lisensi
Penulis yang mempublikasikan naskahnya melalui Jukeshum: Jurnal Pengabdian Masyarakat menyetujui beberapa hal berikut:
- Hak Cipta atas naskah-naskah karya ilmiah di dalam Jurnal ini dipegang oleh Penulis.
- Penulis menyerahkan hak saat pertama kali mempublikasi Naskah karya ilmiahnya dan secara bersamaan Penulis memberikan izin/lisensi dengan mengacu pada Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License kepada pihak lain untuk menyebarkan karya ilmiahnya tersebut dengan tetap mencantumkan penghargaan bagi penulis dan Jukeshum: Jurnal Pengabdian Masyarakat sebagai media Publikasi pertama atas karya tersebut.
- Hal-hal yang berkaitan dengan non-eksklusivitas pendistribusian Jurnal yang menerbitkan karya ilmiah penulis dapat diperjanjikan secara terpisah (contoh: permintaan untuk menempatkan karya yang dimaksud pada perpustakaan suatu institusi atau menerbitkannya sebagai buku) dengan Penulis sebagai salah satu pihak perjanjian dan dengan penghargaan pada Jukeshum: Jurnal Pengabdian Masyarakat sebagai media publikasi pertama atas karya dimaksud.
- Penulis dapat dan diharapkan untuk mengumumkan karyanya secara online (misalnya pada Repositori atau pada laman Organisai/Institusinya) sejak sebelum dan selama proses pengumpulan naskah, sebab upaya tersebut dapat meningkatkan pertukaran citasi lebih awal dan dengan cakupan yang lebih luas.