Peran Petugas Kesehatan dalam Menyongsong Era 5.0 untuk Profesionalisme Terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan Pasien di Puskesmas
DOI:
https://doi.org/10.51771/jukeshum.v3i2.638Keywords:
Kualitas Pelayanan Pasien, Era 5.0, Petugas KesehatanAbstract
Era globalisasi mengakibatkan arus kompetisi terjadi di segala bidang termasuk bidang kesehatan semakin ketat. Tuntutan masyarakat terhadap kualitas pelayanan kesehatan telah menjadi masalah mendasar yang dihadapi sebagian besar pelayanan kesehatan diberbagai Negara. Petugas kesehatan dalam menyongsong Era 5.0 harus mampu meningkatkan profesionalisme dan keselamatan pasien dalam pemberian pelayanan kesehatan. Setiap petugas kesehatan bertanggung jawab terhadap keselamatan pasien dan mutu pelayanan, pelayanan yang baik dan berkualitas akan memberikan kepuasan kepada pasien dan akan memberikan keuntungan bagi pelayanan kesehatan. Pasien semakin kritis, mereka mengerti tentang hak dan ingin agar pelayanan yang aman dan memuaskan. Fasilitas pelayanan kesehatan yang tidak mengikuti harapan pasien akan ditinggalkan, maka petugas harus terus meningkatan pengetahuan dan keterampilannya dalam menyongsong Era 5.0. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan profesionalisme petugas kesehatan dalam menyongsong era 5.0 untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada pasien. Metode kegiatan menggunakan teknik ceramah, diskusi, dan pemberdayaan. Kegiatan dilakukan di Puskesmas Pagar Jati pada bulan April 2022. Sasaran kegiatan ini adalah seluruh petugas kesehatan yang berjumlah sebanyak 27 orang. Hasil pelaksanaan kegiatan ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman petugas kesehatan sebesar 74,1%. Petugas kesehatan semakin memahami tentang profesionalisme dalam pemberian pelayanan kepada pasien, peran petugas kesehatan ini akan meningkatkan kepuasan pasien dan mutu pelayanan puskesmas.
References
Azwar, A. (2010). Pengantar Administrasi Kesehatan. Jakarta: Binarupa Aksara.
Bustan J. (2012). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rumah Sakit Pemerintah dan Swasta di Kota Palembang. Orasi Bisnis.
Kemenkes. (2016). Pembangunan Kesehatan Berbasis Preventif dan Promotif. [internet] tersedia dalam http://www.depkes.go.id.
Purnamasari, W. (2020). Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Antang Kota Makassar. Skripsi. Universitas Hasanuddin.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Anggi Isnani Parinduri, Delita Hayanti Br Panjaitan, Irmayani Irmayani, Felix Kasim, Annisa Febriana Siregar, Mutiara Nauli

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak Cipta dan Lisensi
Penulis yang mempublikasikan naskahnya melalui Jukeshum: Jurnal Pengabdian Masyarakat menyetujui beberapa hal berikut:
- Hak Cipta atas naskah-naskah karya ilmiah di dalam Jurnal ini dipegang oleh Penulis.
- Penulis menyerahkan hak saat pertama kali mempublikasi Naskah karya ilmiahnya dan secara bersamaan Penulis memberikan izin/lisensi dengan mengacu pada Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License kepada pihak lain untuk menyebarkan karya ilmiahnya tersebut dengan tetap mencantumkan penghargaan bagi penulis dan Jukeshum: Jurnal Pengabdian Masyarakat sebagai media Publikasi pertama atas karya tersebut.
- Hal-hal yang berkaitan dengan non-eksklusivitas pendistribusian Jurnal yang menerbitkan karya ilmiah penulis dapat diperjanjikan secara terpisah (contoh: permintaan untuk menempatkan karya yang dimaksud pada perpustakaan suatu institusi atau menerbitkannya sebagai buku) dengan Penulis sebagai salah satu pihak perjanjian dan dengan penghargaan pada Jukeshum: Jurnal Pengabdian Masyarakat sebagai media publikasi pertama atas karya dimaksud.
- Penulis dapat dan diharapkan untuk mengumumkan karyanya secara online (misalnya pada Repositori atau pada laman Organisai/Institusinya) sejak sebelum dan selama proses pengumpulan naskah, sebab upaya tersebut dapat meningkatkan pertukaran citasi lebih awal dan dengan cakupan yang lebih luas.