Peran Petugas Kesehatan dalam Menyongsong Era 5.0 untuk Profesionalisme Terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan Pasien di Puskesmas

Authors

  • Anggi Isnani Parinduri Institut Kesehatan Medistra Lubuk Pakam
  • Delita Hayanti Br Panjaitan Insitut Kesehatan Medistra, Lubuk Pakam
  • Irmayani Irmayani Insitut Kesehatan Medistra, Lubuk Pakam
  • Felix Kasim Insitut Kesehatan Medistra, Lubuk Pakam
  • Annisa Febriana Siregar Universitas Muhammadiyah, Banda Aceh
  • Mutiara Nauli Universitas Haji Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.51771/jukeshum.v3i2.638

Keywords:

Kualitas Pelayanan Pasien, Era 5.0, Petugas Kesehatan

Abstract

Era globalisasi mengakibatkan arus kompetisi terjadi di segala bidang termasuk bidang kesehatan semakin ketat. Tuntutan masyarakat terhadap kualitas pelayanan kesehatan telah menjadi masalah mendasar yang dihadapi sebagian besar pelayanan kesehatan diberbagai Negara. Petugas kesehatan dalam menyongsong Era 5.0 harus mampu meningkatkan profesionalisme dan keselamatan pasien dalam pemberian pelayanan kesehatan. Setiap petugas kesehatan bertanggung jawab terhadap keselamatan pasien dan mutu pelayanan, pelayanan yang baik dan berkualitas akan memberikan kepuasan kepada pasien dan akan memberikan keuntungan bagi pelayanan kesehatan. Pasien semakin kritis, mereka mengerti tentang hak dan ingin agar pelayanan yang aman dan memuaskan. Fasilitas pelayanan kesehatan yang tidak mengikuti harapan pasien akan ditinggalkan, maka petugas harus terus meningkatan pengetahuan dan keterampilannya dalam menyongsong Era 5.0. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan profesionalisme petugas kesehatan dalam menyongsong era 5.0 untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada pasien. Metode kegiatan menggunakan teknik ceramah, diskusi, dan pemberdayaan. Kegiatan dilakukan di Puskesmas Pagar Jati pada bulan April 2022. Sasaran kegiatan ini adalah seluruh petugas kesehatan yang berjumlah sebanyak 27 orang. Hasil pelaksanaan kegiatan ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman petugas kesehatan sebesar 74,1%. Petugas kesehatan semakin memahami tentang profesionalisme dalam pemberian pelayanan kepada pasien, peran petugas kesehatan ini akan meningkatkan kepuasan pasien dan mutu pelayanan puskesmas.

References

Azwar, A. (2010). Pengantar Administrasi Kesehatan. Jakarta: Binarupa Aksara.

Bustan J. (2012). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rumah Sakit Pemerintah dan Swasta di Kota Palembang. Orasi Bisnis.

Kemenkes. (2016). Pembangunan Kesehatan Berbasis Preventif dan Promotif. [internet] tersedia dalam http://www.depkes.go.id.

Purnamasari, W. (2020). Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Antang Kota Makassar. Skripsi. Universitas Hasanuddin.

Downloads

Published

2023-08-28