Aplikasi Terapi Kognitif melalui Bermain pada Anak Usia 3-5 Tahun di Panti Asuhan Terimakasih Abadi

Authors

  • Rani Damanik Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Henny Syapitri Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Laura Mariati Siregar Universitas Sari Mutiara Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51771/jukeshum.v1i2.69

Keywords:

Terapi, Kognitif, Bermain Usia 3-5 Tahun

Abstract

Masalah perkembangan kognitif anak merupakan hal yang harus diperhatikan sehingga anak memiliki kemampuan yang lebih kompleks baik kemampuan gerak kasar, gerak halus, bicara dan bahasa serta sosialisasi dan kemandirian. Dimana perkembangan kognitif merupakan kemampuan berfikir untuk menghubungkan, menilai maupun mempertimbangkan suatu kejadian atau peristiwa. Penerapan terapi kognitif melalui terapi bermain pada anak usia 3-5 tahun merupakan solusi dalam meningkatkan kognitif anak. Dengan dilakukannya terapi bermain bertujuan untuk meningkatkan kognitif dan perkembangan anak. Setelah pelaksanaan terapi bermain menghasilkan kemampuan anak dalam berfikir secara kognitif melalui mencuci tangan, tebak gambar dan mewarnai gambar.

 

Kata Kunci : Terapi, Kognitif, Bermain Usia 3-5 Tahun

 

ABSTRACT

The problem of children's cognitive development is something that must be considered so that children have more complex abilities, both the ability of gross motion, fine motion, speech and language as well as socialization and independence. Where cognitive development is the ability to think to connect, assess or consider an event or events. The application of cognitive therapy through play therapy for children aged 3-5 years is a solution in improving children's cognitive. By doing play therapy aims to improve the cognitive and development of children. After the implementation of play therapy results in children's ability to think cognitively through washing hands, guessing pictures and coloring pictures.

 

Keywords: Therapy, Cognitive, Play 3-5 Years Old

References

Adimayanti, E., & Siyamti, D. (2020). Terapi bermain english games untuk Meningkatkan kemampuan kognitif anak Prasekolah. Jurnal Pengabdian Kesehatan STIKES Cendekia Utama Kudus, 3, (2), 115-122. Retrieved from http://jpk.jurnal.stikescendekiautamakudus.ac.id

Afifa, F. N., & Gumiandari, S. (2021). Implementasi english game dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak prasekolah di usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5, (1), 68-74.

Damanik, R.K.,& stikes, L. (2019). Pengaruh Storytelling terhadap personal hygiene pada anak usia Pra Sekolah di TK Baburahman Kecamatan Kualuh Hulu Kabupaten Labuhan Batu Utara tahun 2018. Jurnal Kesehatan Masyarakat dan Lingkungan Hidup, 3 (2), 59-66. Retrieved from http://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/Kesehatan_Masyarakat/article/view/553

Damanik, R. K., Gulo., R. B., A., & Simanjuntak, E. Y. (2021). Upaya pencegahan penularan covid-19 melalui sosialisasi dan penyemprotan rumah ibadah. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat, 4 (2), 425-433. Retrieved from http://www.ejurnalmalahayati.ac.id/index.php/kreativitas/article/view/3744.

Hersi, N. D.,& Yulsyofriend. (2021). Kegiatan pengembangan kognitif anak usia dini di TK Negeri Pembina Painan. Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, dan Pendidikan Anak Usia Dini, 18 (1), 7-17. Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/edukid/article/view/33808/pdf.

Kore. D., Wondal, R., & Samad, R. (2020). Peran permainan ludo dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun. Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, 3, (1), 107-117.

Pahrul, Y., & Amalia, R. (2021). Metode Bermain dalam Lingkaran untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak usia dini dilakukan tahapan. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5 (2) 1464-1471.

Syafrina, R., & Adiningsih, V. E. (2021). Efektivitas Bermain “Lego” Untuk Eningkatkan Perkembangan Kognitif Berpikir Simbolik Anak Usia 4 – 5 Tahun. Jurnal Psikologi, 3, (1), 19-25.

Wahyuni, F. (2020). Bermain dan Belajar Pada Anak Usia Dini. Jurnal Kebudayaan dan Keagamaan, 15 (1), 160-176.

Downloads

Published

2021-07-30