Pendampingan Desain Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru di Kecamatan Bangorejo Kabupaten Banyuwangi

Authors

  • Rizka Elan Fadilah Universitas Jember
  • Supeno Supeno Universitas Jember
  • Ulin Nuha Universitas Jember
  • Diah Wahyuni Universitas Jember
  • Rusdianto Rusdianto Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.51771/jukeshum.v4i1.767

Keywords:

Desain, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Abstract

Kurikulum Merdeka telah diimplementasikan di satuan Pendidikan. Kurikulum Merdekat terdiri dari kegiatan intrakurikuler dan projek penguatan profil pelajar Pancasila. Projek penguatan profil pelajar pancasila tersebut merupakan pendukung kegiatan intrakulikuler dalam kurikulum merdeka. Para guru sering merasa kesulitan dalam mengimplementasikan proyek penguatan profil pelajar Pancasila tersebut dalam pembelajaran. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman Guru SD di kecamatan Bangorejo Kabupaten Banyuwangi terkait dengan Desain Penguatan Projek Profil Pelajar Pancasila. Kegiatan ini dilaksanakan dalam 2 tahapan yaitu tahap persiapan dan pelaksanaan. Masing-masing tahapan tersebut terdiri dari tiga langkah. Hasil dari kegiatan ini adalah kegiatan pendampingan desain projek penguatan profil pelajar Pancasila berjalan dengan baik. Peserta tampak antusias dalam mengikuti kegiatan. Respon yang baik juga disampaikan oleh peserta kegiatan. Peserta kegiatan juga melaksanakan praktik projek penguatan profil pelajar Pancasila secara mandiri sesuai dengan yang telah dilatihkan sehingga dapat dikatakan bahwa pemahaan guru terkait dengan projek penguatan profil pelajar Pancasila tersebut meningkat.

References

Alimuddin, J. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 4(2), 67–75.

Asiati, S., & Hasanah, U. (2022). IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SEKOLAH PENGGERAK. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan, 19(2), 61–72.

Data Referensi Kementerian Pendidikan, K. R. dan T. (2023). Daftar Satuan Pendidikan Sekolah Dkdas Per Kecamatan Bangorejo. Pusdatin Kemendikbudristek.

Hamzah, M. R., Mujiwati, Y., Khamdi, I. M., Usman, M. I., & Abidin, M. Z. (2022). Proyek Profil Pelajar Pancasila sebagai Penguatan Pendidikan Karakter pada Peserta Didik. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(4), 553–559.

Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka, Pub. L. No. 009/H/KR/2022, KEMENTERIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI (2022).

Kurniawati, J. B., & Widayatmo, Santyo. (2021). Membumikan Nilai-Nilai Pancasila dalam Dunia Pendidikan Indonesia. Jagadditha: Jurnal Kebhinekaan Dan Wawasan Kebangsaan, 1(1), 16–24.

Nurani, D., Anggraini, L., Misiyanto, & Mulia, K. R. (2022). Buku Saku Edisi Serba-Serbi Kurikulum Merdeka Kekhasan Sekolah Dasar (K. R. Mulia, Ed.). Direktorat Pendidikan Dasar Kemdikbud.

Piesesa, M. S. L., & Camellia. (2023). Desain Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila untuk Menanamkan Nilai Karakter Mandiri, Kreatif dan Gotong-Royong. JURNALMORAL KEMASYARAKATAN, 8(1), 74–83.

Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613–3625.

Satria, R., Adiprima, P., Wulan, K. S., & Harjatanaya, T. Y. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan, Kemendikbudristek.

Widyastuti, A. (2022). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka PAUD. REFEREN, 1(2), 189–203.

Downloads

Published

2024-02-18