Peningkatan Income Generating Pelaku Usaha Perkumpulan RumahGadang92Sahati Dengan Pendekatan Full Costing di Lubukbasung, Agam
DOI:
https://doi.org/10.51771/jukeshum.v4i2.773Keywords:
Income Generating, Full Costing, Laporan KeuanganAbstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini di latar belakangi oleh masalah yang dihadapi Perkumpulan Rumah Gadang Sahati 92 (Peruga Sahati 92) yang sudah berdiri sejak tahun 2018.
Anggota Peruga Sahati 92 ini mengelola berbagai bisnis terutama bidang kuliner. Adapun produk-produk yang dihasilkan dari Perkumpulan Rumah Gadang Sahati 92 adalah berbagai usaha makanan rumahan seperti catering makanan dan kue, usaha cafe/minuman ringan serta aneka jajajan lainnya. Dilihat dari prospek usaha cukup menjanjikan untuk meningkatkan income generating ekonomi rumah tangga karena produk makanan tradisional yang dibuat adalah makanan jajanan yang sudah jelas pasarnya sehingga mampu meningkatkan ekonomi keluarga untuk menghasilkan pendapatan yang memadai.
Adapun masalah utama yang dihadapi adalah kurangnya pengetahuan keuangan terutama terkait penyusunan laporan keuangan. Penghitungan harga pokok produksi ditetapkan berdasarkan intuisi dan estimasi personal, sehingga hasilnya tidak akurat sehingga income generating yang diperoleh belum memadai. Oleh karenanya perlu dukungan pengetahuan terkait keuangan, manajerial, dan strategi pemasaran secara online.
Metode pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan metode ceramah, tanya jawab, diskusi dan resitasi. Proses pembimbingan dilakukan pada khalayak sasaran yang memiliki keinginan kuat untuk belajar dan mau menerima masukan untuk melakukan inovasi. Peruga Sahati 92 yang akan dikumpulkan sebanyak 20 orang. Kegiatan diarahkan pada penyusunan harga pokok produk dengan pendekatan “full costing, konsep full costing ini penting diberikan karena konsep ini bisa menjadi indikator dalam mengetahui performance usaha lebih detail karena konsep full costing mampu mengukur secara lebih komprehensif data biaya dengan melihat biaya secara keseluruhan tanpa membedakan antara biaya tetap dan biaya variabel serta manajerial keuangan.
Kata Kunci: Income generating, full costing, laporan keuangan.
References
Alma, B. 2004. Kewirausahaan.Alfabeta. Bandung.
Busharmaidi. 2007. Pengembangan UKM Sumatera Barat. Padang : Litbang Sumbar
Hansen, Mowen, 2003, Cost Management, 4 th edition, South Western, Ohio
Jaidan Jauhari, 2010. Upaya Pengembangan Usaha Kecil Dan Menengah (Ukm) Dengan Memanfaatkan E-Commerce, Jurnal Sistem Informasi (JSI), VOL. 2, NO. 1, April 2010
Kastaman, Roni. 2009. Pemasaran Untuk Produk Cemilan Industri Rumah Tangga . Lokakarya Pemecahan Masalah di Sentra Makanan Kota Bandung.
Lawrence H. Hammer, William K. Carter & Milton F Usry, 1977, Cost Accounting, 11 th editions, South Western Publishing, Co, Ohio.
Mulyadi, 2003, Akuntansi Manajemen, edisi ketiga, Yogyakarta, BPFE STIE YKPN
Mulyadi, 2001, Akuntansi Manajemen, edisi ketiga, Jakarta. Salemba Empat
Sunarto 2003, Akuntansi Biaya, Edisi Revisi, Yogyakarta: Amus Yogyakarta & Mahenoko, Total Design Yogyakarta
Supriyono, 19999, Akuntansi Manjemen, Konsep Dasar Akuntansi Manajemen dan Proses Perencanaan, Cetakan kelima, Yogyakarta; BPFE UGM
Suryana. 2001. Kewirausahaan. Salemba Empat. Jakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Halmawati Halmawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak Cipta dan Lisensi
Penulis yang mempublikasikan naskahnya melalui Jukeshum: Jurnal Pengabdian Masyarakat menyetujui beberapa hal berikut:
- Hak Cipta atas naskah-naskah karya ilmiah di dalam Jurnal ini dipegang oleh Penulis.
- Penulis menyerahkan hak saat pertama kali mempublikasi Naskah karya ilmiahnya dan secara bersamaan Penulis memberikan izin/lisensi dengan mengacu pada Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License kepada pihak lain untuk menyebarkan karya ilmiahnya tersebut dengan tetap mencantumkan penghargaan bagi penulis dan Jukeshum: Jurnal Pengabdian Masyarakat sebagai media Publikasi pertama atas karya tersebut.
- Hal-hal yang berkaitan dengan non-eksklusivitas pendistribusian Jurnal yang menerbitkan karya ilmiah penulis dapat diperjanjikan secara terpisah (contoh: permintaan untuk menempatkan karya yang dimaksud pada perpustakaan suatu institusi atau menerbitkannya sebagai buku) dengan Penulis sebagai salah satu pihak perjanjian dan dengan penghargaan pada Jukeshum: Jurnal Pengabdian Masyarakat sebagai media publikasi pertama atas karya dimaksud.
- Penulis dapat dan diharapkan untuk mengumumkan karyanya secara online (misalnya pada Repositori atau pada laman Organisai/Institusinya) sejak sebelum dan selama proses pengumpulan naskah, sebab upaya tersebut dapat meningkatkan pertukaran citasi lebih awal dan dengan cakupan yang lebih luas.