Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Pengobatan Gratis, Cek KGD dan Pemeriksaan Tekanan Darah)

Authors

  • Harsudianto Silaen STIKes Murni Teguh
  • Yusrial Tarihoran 3Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Murni Teguh
  • Lenny Lusia Simatupang Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Murni Teguh

DOI:

https://doi.org/10.51771/jukeshum.v1i2.82

Keywords:

Pengobatan Gratis, Cek KGD, Pemeriksaan Tekanan Darah

Abstract

Jumlah penderita diabetes di Indonesia setiap tahun meningkat seiring makin bertambahnya penderita hipertensi dan penyakit jantung. Hasil survei oleh World Health Organization (WHO), negara India, Cina, Amerika Serikat dan Indonesia berada di urutan ke-4 dengan banyaknya pasien Diabetes Melitus (DM). Kegiatan hidup sehat dengan program pengobatan gratis, cek kadar gula darah dan pemeriksaan tekanan darah di Dusun II Kecamatan Pantai Labu Kabupaten Deli Serdang pada tanggal 04 Agustus 2019. Kegiatan di hadiri sebanyak 50 orang terdiri dari perempuan dan laki-laki usia 40-60 Tahun. Metode yang digunakan dalam penentuan sampel yaitu purposive sampling. Purposive sampling adalah suatu cara mengambil sampel dengan tahap awal penentuan kriteria tertentu. Hasil pengabdian masyarakat yang telah kami laksanakan, berdasarkan jenis kelamin dari 50 responden laki-laki sebanyak 23 orang (46%) dan perempuan sebanyak 27 orang (54%). Berdasarkan tipe penyakit dengan kategori hipertensi sebanyak 41 orang (82%) dan KDG meningkat setelah 2 jam makan sebanyak 9 orang (18%). Kesimpulan Pengobatan gratis, Cek KGD dan Pemeriksaan Tekanan Darah merupakan kegiatan yang positif untuk membantu masyarakat deteksi dini terhadap status kesehatannya.

References

Ayuza, D. (2016). Diabetes Mellitus Tipe 2 dan Hipertensi Tahap 2 pada Pria Lansia dengan Pola Makan yang Tidak Sehat. J Medula Unila, 4(3), 22–29.

Riskesdas. (2013). Riset Kesehatan Dasar. Balitbang Kemenkes RI.

Silaen, H. (2018). Pengaruh Pemberian Konseling dengan Tingkat Kecemasan pada Pasien yang Menjalani Hemodalisis di Rumah Sakit Kota Medan. Jurnal Ilmiah Keperawatan Imelda, 4(1), 421–426.

Silaen, H. &, & Ramadhani. (2019). Pengaruh pemberian konseling pada pasien hemodialisa dengan tingkat kekambuhan penyakit hipertensi di Rumah Sakit Kota Medan. Jurnal Keperawatan Priority, 2(2), 100–108.

Downloads

Published

2021-07-30