Edukasi Read Aloud pada Guru dan Orangtua Siswa dalam Peningkatan Kemampuan Bahasa Anak

Authors

  • Dirayati Sharfina Universitas Haji Sumatera Utara
  • Sukma Yunita Universitas Haji Sumatera Utara
  • Yenni Merdeka Sakti Institut Kesehatan Helvetia Medan
  • Syamsul Idris Harahap Universitas Haji Sumatera Utara
  • Rizki Noviyanti Harahap Universitas Haji Sumatera Utara
  • Ovalina Sylvia Br. Ginting Universitas Haji Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.51771/jukeshum.v4i1.830

Keywords:

read aloud, anak usia prasekolah, perkembangan bahasa

Abstract

Perkembangan bahasa pada anak yang dilakukan orangtua dimulai sejak dari kandungan sampai anak terus bertumbuh dan berkembang serta melalui pendampingan dengan konsisten membacakan buku. Read aloud merupakan salah satu metode yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa pada anak dengan membacakan buku dengan nyaring. Kegiatan pengabdian ini dengan pemberian edukasi melalui ceramah, diskusi dan tanya jawab. Sasaran kegiatan ini adalah orang tua dan guru TK Hafidz Madani Ridho sebanyak 15 orang. Hasil dari kegiatan ini adalah bahwa kegiatan yang dilakukan sekolah dalam peningkatan kemampuan bahasa anak adalah dengan bercerita dan bernyanyi serta belajar membaca. Peserta kegiatan menyimak dengan baik ketika proses penjelasan materi dan pemberian demonstrasi metode read aloud. Diharapkan kepada guru dan orang tua menjadikan metode read aloud sebagai kegiatan dalam membersamai anak-anak.

References

Akbar, M. (2021). Pentingnya Literasi Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa. https://www.kompasiana.com/akbarmuhammad3640/

Asmaiyah, N., Mustaji, & Khotimah, N. (2023). Pengaruh Kegiatan Literasi Melalui Read aloud Buku Bacaan Bergambar terhadap Perkembangan Bahasa dan Kognitif pada Anak. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4, 2615–2628.

Eko Priyantini, L. D., & Yusuf, A. (2020). The Influence of Literacy and Read Aloud Activities on the Early Childhood Education Students’ Receptive Language Skills. Journal of Primary Education, 9(3), 295–302. https://doi.org/10.15294/jpe.v9i3.39216

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2015). Indeks Aktivitas Literasi Membaca. Puslitjakdikbud.

Ramadhini, S., Barsinahor, B., Arifin, M. F., & Hafidz, A. (2021). Upaya Menumbuhkan Minat Baca Siswa Melalui Budaya Literasi di SDIT Qurrata ‘Ayun Kandangan. Muallimuna Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 6(1).

Rezeki, A. V. T. (2021). Kegiatan Read Aloud Untuk Mengenalkan Literasi Awal Pada Anak Usia Dini. Prosiding: Pembelajaran Kekinian Untuk PAUD, 1(1). http://proceedings2.upi.edu/index.php/semnaspgpaudpwk/article/view/1765

Senawati, J., Suwastini, N. K. A., Sri Rwa Jayantini, I. G. A., Sri Adnyani, N. L. P., & Artini, N. N. (2021). The Benefits Of Reading Aloud For Children: A Review in EFL Context. IJEE(Indonesian Journal of English Education), 8, 47–63. https://doi.org/10.15408/ijee.v8i1.19880

Trelease, J. (2013). The Read Handbook Membacakan Buku dengan Nyaring, Melejitkan Kecerdasan Anak. Noura Publishing.

Utami, L. (2021). Tingkat Literasi Indonesia Rendah, Rangking 62 dari 70 Negara. https://perpustakaan.kemendagri.go.id/?p=4661

Downloads

Published

2024-02-12